Items where Subject is "130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development"
- Australian and New Zealand Standard Research Classification (72)
- 13 EDUCATION (72)
- 1302 Curriculum and Pedagogy (72)
- 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (72)
- 1302 Curriculum and Pedagogy (72)
- 13 EDUCATION (72)
A
Abu Bakar, Abu Bakar (2014) Sinergi pesantren dan Perguruan Tinggi: studi pengembangan kurikulum Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Malang. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6 (2). pp. 117-150. ISSN 1979-5599; 2502-194X
Abu Bakar, M. Yunus (2023) Traces of KH. M. Hasyim Asy'ari Thought: Relevance for the Development of Islamic Education in Indonesia. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7 (2). ISSN ISSN 2599-3046
Achsin, Muhammad and Abitolkha, Amir Maliki and Abu Bakar, M. Yunus (2021) Implementation of an Integrated Curriculum Through Special Class Programs. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 5 (2). ISSN ISSN 2599-3046
Alfi, Dewi Zainul and Abu Bakar, M. Yunus (2021) Studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan Muatan Lokal. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (1). ISSN Print ISSN 2721-1134; Online ISSN 2721-091X
Alfin, Jauharoti (2022) Integrasi Pedagogi Kritis dan Moderasi Beragama untuk Penciptaan Kebhinekaan Indonesia di Sekolah. In: Potret Intelektual Perempuan Pemecah Tembok Stigma. CV. Merdeka Kreasi Group, Medan Sunggal, pp. 316-330.
Alfin, Jauharoti (2022) Jauharoti Alfin_Meningkatkan Kualitas Para Pendidik Nasional melalui Onovasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. In: Ide Naga untuk Bangsaku. Penerbit Aksara Pena, Palembang, pp. 430-437. ISBN 9-786239-945541
Alfin, Jauharoti (2019) Pengembangan materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai bahan ajar literasi membaca di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7 (1). pp. 71-88. ISSN 2089-1946; 2527-4511
Andiarna, Funsu and Kusumawati, Estri (2020) Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16 (2). pp. 139-149. ISSN 1978-3655; 2407-8786
Anshori, Isa (2022) Kuriulum Merdeka, SDM Juara. Prestasi Muda, 14: 1. pp. 5-7. ISSN 20859740
Arbaiyah, Arbaiyah (2023) Ibn Sinas thought on human being an account on philosophy of islamic education. In: A reflection of 2022 alook ahead to 2023. CV. Bildung Nusantara, Yogyakarta, pp. 46-52. ISBN 978-623-8091-18-8
Asrohah, Hanun and Rusydiyah, Evi Fatimatur and Mustofa, Ali and Halim, Abdul (2012) Pengembangan pendidikan karakter: model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas. Interpena Anggota IKAPI, Yogyakarta. ISBN 978-979-1740-52-4
Asror, Moh and Abu Bakar, M. Yunus and Fuad, Ah. Zakki (2023) Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8 (1). ISSN (E-ISSN 2549-8770 – P-ISSN 2527-9610)
Assegaf, Abd. Rachman (2012) Andra-pedagogical strategies for teaching values: philosophical and Islamic approaches. In: 5th UPSI-UPI Conference on Education, 1-3 October 2012, Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia. (In Press)
Assegaf, Abd. Rachman (2016) Global-Local Context and Challenges of Academic Shifting Paradigm of Islamic Higher Education in Indonesia. In: PROCEEDINGS OF THE INTERNATIONAL CONFERENCE ON UNIVERSITY-COMMUNITY ENGAGEMENT, 2-5 Agustus 2016, Surabaya Indonesia.
Assegaf, Abd. Rachman (2014) Integrasi andra-pedagogi anak dalam bingkai pendidikan Islam. In: Pengarusutamaan Paragidma Integrasi-Interkoneksi dalam Kurikulum dan Keilmuan Prodi PGMI-PGRA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pp. 1-18. ISBN 978-602-72084-7-6
Assegaf, Abd. Rachman (2021) Tips memilih model pembelajaran yang efektif. [Video]
E
El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana and Abu Bakar, M. Yunus and Mardiyah, Mardiyah (2022) Students’ Interpersonal Intelligence Formulation: case Study at Darussalam Gontor Islamic Boarding School. Journal of Islamic education AL-HAYAT, 6 (2). ISSN ISSN 2599-3046.
F
Fathurrohman, Fathurrohman (2014) Konservasi pendidikan karakter Islami dalam hidden curriculum sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 131-143. ISSN 2527-4511
H
Hanifah, Umi (2018) Peningkatan profesionalisme mahasiswa calon guru bahasa Arab dalam menyusun dan mengembangkan RPP melalui mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya: analisis proses pembelajaran pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran. Project Report. LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Hanifah, Umi (2014) Pentingnya buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal At-Tajdid, 3 (1): 6. pp. 99-121. ISSN 2089-9165
Hanifah, Umi and Adam, Zalika Binti and Faizin, Moh. and Jannah, Ida Mifatkhul and Hanafi, Yusuf (2024) Accelerating the digitalisation of learning post-COVID-19 era to improve the pedagogical competence of pre-service Arabic teachers. Cogent Education, 11 (1): 1. pp. 1-16.
Hayati, Nur and Yusuf, Kamal (2021) The Evaluation of Arabic Textbook Terampil Bahasa Arab 1 Class X Islamic Senior High School Based on Curriculum 2013. Journal of Arabic Language Studies and Teaching (JALSAT), 1 (2).
J
Jannah, Raudlotul and Soraya, Irma (2020) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah di Surabaya. Project Report. UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya. (Unpublished)
K
Kadir, Abd. (2014) Sumber belajar dalam teori pancaran: telaah filosofis tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 107-130. ISSN 2527-4511
Kadir, Abdul and Asrohah, Hanun (2015) Pembelajaran tematik. Raja Grafindo Persada, Jakarta. ISBN 9789797697419
Kholis, Nur and Khumaedah, Shirley (2021) Mind Mapping as an innovative approach to teaching Islamic history during Covid-19 Pandemic. International Journal of Education and Social Science Research, 4 (05). pp. 12-25. ISSN 2581-5148
Kurjum, Mohammad and Faizah, Leily Indah and Dianah, Fairuz (2022) Desain pembelajaran Flipped classroom dengan model pembelajaran Bela H. Banathy di lembaga pendidikan islam. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3 (2). pp. 159-166.
Kusaeri, Kusaeri (2004) Analisis kebutuhan dan faktor kendala dan pembelajaran statistik di Fakultas Tarbiyah. Qualita Ahsana - Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Keislaman, VI (2). pp. 73-86. ISSN 1411-1373
Kusaeri, Kusaeri and Wahyudi, Noor (2024) The Relative Influence of Age, Gender, Regional Differences and Their Relationship with Students' Numeracy Levels on Madrasah Competency Assessment in Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13 (2). ISSN 25417207
M
Mudhofir, Ali (2012) Pendidik profesional : konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mudlofir, Ali (2019) Azmah tarbawiyah syakhsiyah massah amama madarisina al yaum kaifa nuwajihuha. In: International Conference; Madrasah Islamic Education; Bangsa Moro Phlipinne, Desember, 2019, Davao Phillipine. (Unpublished)
Mudlofir, Ali and Rusydiyah, Evi Fatimatur (2016) Desain Pembelajaran Inovatif. Raja Grafindo Persada Surabaya. ISBN 978-979-769-913-0
Mudlofir, Ali and Rusydiyah, Evi Fatimatur (2016) Desain pembelajaran inovatif dari teori ke praktik. Raja Grafindo Persada, Jakarta. ISBN 9789797699130
Mukhoiyaroh, Mukhoiyaroh (2011) Teori-teori Belajar: teori belajar modern dan konsep belajar tokoh muslim. Muara Progresif, Surabaya. ISBN 9786029508789
Munawir, Munawir (2021) Model pendidikan antar negara. Kanzum Books, Sidoarjo. ISBN 978-623-6250-21-1
Munawir, Munawir (2021) Strategi pembelajaran gembira dan berbobot. Kanzum Books, Sidoarjo. ISBN 978-623-6250-20-4
Muslih, Muslih and Kholis, Nur (2021) Telaah komparatif kurikulum Lembaga Pendidikan Islam di Singapura dan Thailand. KARIMAN: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 9 (2). pp. 191-212. ISSN 25498487
Musthafa, Ali and Abu Bakar, M. Yunus (2023) Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Azyumardi Azra dan Relevansinya dengan Pendidikan Perguruan Tinggi. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan STIT Palapa Nusantara Lombok NTB, 5 (1). pp. 336-358.
Mutianingsih, Ninik and Prayitno, Lydia Lia and Kurniawan, Agus Prasetyo (2018) Proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah fungsi pembangkit. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3 (1). pp. 29-39. ISSN 2503-1384
N
Niam, Khoirun and Munawir, Munawir and Rusydiyah, Evi Fatimatur and Zuhri, Achmad Muhibin and Tolchah, Moch. and Faizin, Moh. and Huda, Muhammad Nuril and Rakhmawati, Rakhmawati (2020) Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. [Teaching Resource]
Novita, Almi and Abu Bakar, M. Yunus (2021) Konsep Pendidikan Esensialisme dalam pembentukan karakter siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7 (1).
R
Rahma, An Nisa and Rohmah, Hafidhotur and Abu Bakar, M. Yunus (2022) Implementasi Aliran Progresivisme dalam Pembelajaran Menurut Filsafat Pendidikan dan Perkembangan Kurikulum di Indonesia. N-NIDZAM Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 9 (2). pp. 219-242. ISSN P-ISSN: .2355 8482 P-ISSN: 2580 9555
Rubaidi, Rubaidi (2018) Pengarusutamaan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) berbasis kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13 (2): 9. pp. 272-285. ISSN 1978-9726
Rubaidi, Rubaidi and Farisia, Hernik and Hasan, Amin (2020) Modul Penguatan Toleransi di Sekolah. [Teaching Resource] (In Press)
Rusydiyah, Evi Fatimatur (2021) EDU (Education, Development, Unification) Literasi: membangun komunitas belajar bagi Guru Penggerak Human Literacy Indonesia. In: Pengukuhan Profesor /Guru Besar UIN Sunan Ampel Sunan Ampel Surabaya, 3 November 2021, Surabaya. (Unpublished)
Rusydiyah, Evi Fatimatur (2012) Model dan strategi kognitif dalam pembelajaran. Indo Pramaha, Surabaya. ISBN 978-602-18896-1-9
Rusydiyah, Evi Fatimatur (2013) Teori belajar. Dwiputra Pustaka Jaya Anggota IKAPI, Yogyakarta. ISBN 978-602-7761-76-6
Rusydiyah, Evi Fatimatur and Rakhmawati, Rakhmawati and Indarwati, Desy and Ahmad, Syahru (2018) Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II menggunakan model konferensi 321. Dwiputra Pustaka Jaya Sidoarjo. ISBN 978-602-6604-26-2
Rusydiyah, Evi Fatimatur and Ummah, Fiena Saadatul and Rahman, Moh Rifqi and Habibie, Ramadhan Kurnia and Wardani, Helda Kusuma (2024) Pembelajaran moderasi beragama: paradigma, implementasi, dan praktik terbaik dalam konteks Kurikulum Merdeka. PT. Pena Cendekia Pustaka, Surabaya. ISBN 978-623-8237-83-8
S
Salahuddin, Marwan and Asroriyah, Fatimatul (2019) Kecakapan berpikir dalam konteks pendekatan pembelajaran pada kurikulum sekolah di Indonesia. Jurnal Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 14 (1). pp. 63-84. ISSN 1907-1191; 2540-9204
Saleh, Chairati (2012) Curriculum differentiation based intruction for gifted and talented (g/t) students : mainstreaming curriculum differentiation within mixed ability classroom. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya - Indonesia.
Santosa, Nyong Eka Teguh Iman (2023) Edo Tensei pembelajaran sejarah. Jurnal Sejarah Indonesia, 6 (1). pp. 64-73. ISSN 2621-1580
Saukah, Ali and Setiaji, Bambang and Nugroho, Widijanto Satyo and Pusporini, Widowati and Irawan, Agustinus Purna and Rumtini, Rumtini and Alfian, Alfan and Prasetyo, Hari and In'am, Akhsanul and Wihardini, Diah and Walangitan, Daglan M. and Souisa, Nancy Novitra and Aryani, Sekar Ayu and Arbaiyah, Arbaiyah (2021) Naskah Kajian Konsep dan Bentuk Standar endidikan Masa Depan. Usat Standar Dan Kebijakan Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Jakarta.
Sihabudin, Sihabudin (2016) Pengaruh strategi blended learning terhadap hasil belajar mata kuliah Sejarah Pendidikan Islam pada mahasiswa yang memiliki locus of control berbeda. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran), 3 (1). pp. 72-89. ISSN 2406-8780; 2654-7953
Sihabudin, sihabudin (2018) Tingkat self-efficacy dan tingkat self-regulated learning mahasiswa prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Journal of Islamic Elementary School (JIES), 3 (1). pp. 22-27. ISSN 2541-6928; 2654-7961
Syaifudin, Mokhamad (2021) Integrasi teknologi dalam pembelajaran di kelas. Kanzun Book, Sidoarjo. ISBN 978-623-6250-28-0
Syaifudin, Mokhamad (2023) Mendesain pembelajaran daring: berkaca dari revolusi integrasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia. Edulitera, Malang. ISBN 978-623-485-166-3
Syaifudin, Mokhamad (2021) Penugasan Infografis sebagai upaya memupuk keterampilan 4c pebelajar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4 (3). pp. 233-328. ISSN 2615-8787
Syaifudin, Mokhamad and Rensburg, Henriette van (2018) Considerations for the development of computer-assisted language learning (call) teacher training course: a practical experience from a call course development in Indonesia. Arab World English Journal (AWEJ) (4). pp. 84-108. ISSN 2229-9327
T
Tolchah, Moch. (2014) Pendidikan Islam dalam Teori dan Praktek. LKiS Printing Cemerlang Yogyakarta. ISBN 978-602-74505-3-0
U
Ummah, Evi Dian Risalatul and Solichah, Nur Lailatus and Purnomo, Moh. Arif and Lailiyah, Siti and Kurniawati, Novi (2019) The development of learning module trigonometry equation material integrated Islamic values to improve students learning outcomes. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7 (2). pp. 70-80. ISSN 2621-3176; 2303-0992
W
Wahjono, Sentot Imam and Milal, A. Dzo'ul. and Marina, Anna and Harryono, Sumadji (2021) Transformational leadership at Muhammadiyah Primary Schools on Emotional Intelligence: Forward Bass & Avolio Theory. IOSR Journal, 12 (2). pp. 33-41. ISSN 2278-487X
Y
Yusuf, Arba'iyah (2015) Pendidikan Holistik Falsafah Pendidikan Berorientasi pada Pengembangan Karakter. In: Halaqoh Nasional dan Seminar Pendidikan Islam, 2015, Surabaya.
Yusuf, Arba'iyah (2021) Pendidikan Holistik Membentuk Kepribadian Utama. In: Mendesain SDM unggul melalui Pendidikan. CV. Revka Prima Media, Surabaya, pp. 109-146. ISBN 978-602-417-361-6
Yusuf, Arba'iyah (2020) Pendidikan Karakter pada Era Realitas Baru Pandemi Covid-19. In: Memacu Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19: Sebuah Catatan Kritis. Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Surabaya, pp. 37-50. ISBN 978-602-417-312-8
Yusuf, Arba'iyah (2021) Pendidikan seumur hidup dalam perspektif Islam. The UINSA Press, Surabaya. ISBN 978-602-332-160-5
Yusuf, Arba'iyah (2023) Penguatan karakter pelajar: perspektif merdeka belajar pada Era Post Truth. The UINSA Press, Surabaya. ISBN 978-602-332-162-9
Yusuf, Arba'iyah (2022) Penguatan pendidikan karakter: mengembangkan kepribadian utama entitas individualiteit perspektif pendidikan holistik dan merdeka belajar. The UINSA Press, Surabaya. ISBN 978-602-332-161-2
Yusuf, Arba'iyah (2015) Studi tentang implementasi pendidikan holistik di Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah Jawa Timur. Project Report. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan - Pendidikan Bahasa Inggris, Surabaya. (Unpublished)
Yusuf, Kamal and Rafidah, Chalifia (2021) The Benefit of Ruang Guru in Teaching English Teachers Perspective. Getsempena English Education Journal, 8 (2). ISSN E-ISSN 2502 6801 P-ISSN: 2355-004X
Z
Zaini, Achmad (2014) Academic dishonesty versus pakta integritas dan prestise sekolah dalam pelaksanaan ujian nasional. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 88-106. ISSN 2527-4511
Zuhri, Achmad Muhibin and Alfin, Jauharoti and Rosyidi, Zudan (2018) Madrasas and Modernity: comparison of muslim identity and global context in curriculum of Madrasas in Indonesia and India. Mahara Publishing (The member of IKAPI) Tangerang, Banten. ISBN 978-602-466-091-8