Mudhofir, Ali (2012) Pendidik profesional : konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ali Mudhofir_Pendidik profesional konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.pdf
Download (3MB)
Abstract
Buku ini berisi 7 bab, pada bab 1 akan diketengahkan tentang konsep dasar profesi yang meliputi pengertian profesionalisme, syarat/prinsip-prinsip profesionalisme, istilah-istilah yang terkait dengan profesi, tingkatan-tingkatan profesi dan urgensi profesionalisme dalam kehidupan manusia. Setelah itu diteruskan dengan bab 2 yang berisi tentang paradigma etika profesi, meliputi: dasar etika, kaitan antara moralitas, norma, perundangan, dan etika, serta kajian tentang makna etika profesi guru. Bab 3 akan membahas tentang apa tanggung jawab profesi guru, apa makna profesionalitas guru, apa standar kualifikasi dan kompetensi yang harus dipenuhi oleh guru, bagaimana bentuk dan sikap profesionalitas guru, dan apa hak-hak dan kewajiban guru ? Bab 4 akan membahas tentang model dan strategi pengembangan profesionalitas guru. Bab 5 akan membahas tentang soft skills, apa itu soft skills, apa urgensi dan manfaatnya bagi guru dan apa isi dari soft skills guru yang seharusnya mereka miliki dalam mengemban misinya. Bab 6 akan membahas tentang Konsep etika kerja, etos kerja dan loyalitas kerja guru, kode etik guru, serta poin-poin kode etik pendidik menurut Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Bab 7 akan membahas tentang organisasi profesi guru, meliputi: eksistensi, misi, fungsi, dan peranan organisasi profesi guru. Selain itu juga tentang bentuk, corak, struktur, kedudukan, dan keanggotaan organisasi profesi guru
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Mudhofir, Ali mudlofir_ali@yahoo.com 2016116301 |
Uncontrolled Keywords: | Guru; Etika Profesi; Kode Etik; Sertifikasi Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 02:24 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 02:24 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1264 |