Penguatan karakter pelajar: perspektif merdeka belajar pada Era Post Truth

Yusuf, Arba'iyah (2023) Penguatan karakter pelajar: perspektif merdeka belajar pada Era Post Truth. The UINSA Press, Surabaya. ISBN 978-602-332-162-9

[thumbnail of Arbaiyah_Penguatan Karakter Pelajar.pdf] Text
Arbaiyah_Penguatan Karakter Pelajar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Buku ini menyajikan era post truth, yang ditandai oleh prevalensi informasi yang tidak akurat, manipulatif, dan seringkali emosional, memberikan tantangan baru dalam mengembangkan karakter pelajar yang kokoh dan kritis. Konsep "Merdeka Belajar" yang berkembang dalam konteks pendidikan modern mengusung gagasan kebebasan belajar yang lebih individualistik. Namun, tantangan muncul ketika kebebasan ini tidak diimbangi oleh penguatan karakter yang kuat. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penguatan karakter pelajar dapat diintegrasikan dalam kerangka Merdeka Belajar untuk menghadapi era post truth. Karakter yang kuat, seperti integritas, empati, kritis berpikir, dan kemampuan penilaian informasi, menjadi penting dalam membantu pelajar membedakan antara informasi yang akurat dan manipulatif. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan pendidik dan analisis dokumen terkait kurikulum serta panduan Merdeka Belajar

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
NIDN
Yusuf, Arba'iyah
arba_gusti@uinsby.ac.id
2003056401
Uncontrolled Keywords: Karakter Pelajar; Era Post Truth; Merdeka Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:42
Last Modified: 27 Oct 2023 16:01
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item
View Item