Kecakapan berpikir dalam konteks pendekatan pembelajaran pada kurikulum sekolah di Indonesia

Salahuddin, Marwan and Asroriyah, Fatimatul (2019) Kecakapan berpikir dalam konteks pendekatan pembelajaran pada kurikulum sekolah di Indonesia. Jurnal Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 14 (1). pp. 63-84. ISSN 1907-1191; 2540-9204

[thumbnail of Marwan Salahuddin, Fatimatul Asroriyah_Kecakapan berpikir dalam konteks pendekatan pembelajaran pada kurikulum sekolah di Indonesia.pdf] Text
Marwan Salahuddin, Fatimatul Asroriyah_Kecakapan berpikir dalam konteks pendekatan pembelajaran pada kurikulum sekolah di Indonesia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (299kB)

Abstract

Kecakapan berpikir sangat diperlukan dalam konteks pendekatan pembelajaran, karena merupakan proses berpikir ilmiah yang bertujuan menumbuhkan pribadi yang diharapkan. Ia juga berdampak pada proses pembelajaran dan kemampuan mengembangkan berbagai tujuannya melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terintegrasi. Proses tersebut meliputi kegiatan: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Dalam perjalanan kurikulum sekolah di Indonesia dan proses pembelajarannya, penguatan aspek kognitif dan ketrampilan masih dominan, sebaliknya penanaman sikap (spiritual dan sosial) masih kurang, padahal sikap ini akan menunjang kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada penanaman karakter. Oleh karena kurikulum dan proses pembelajaran sebelum ini masih tampak berseberangan dan belum mengindikasikan pada proses pencapaian kompetensi pada aspek sikap, maka kurikulum sekolah yang diterapkan sekarang ini disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Sehingga mengakomodasi unsur-unsur kepribadian yang mencakup: keyakinan, nilai, dan perilaku secara menyeluruh.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Salahuddin, Marwan
marwansalahuddin@yahoo.com
2102115401
Asroriyah, Fatimatul
-
-
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; kecakapan berpikir; pendekatan ilmiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Hamidah
Date Deposited: 25 Aug 2021 10:32
Last Modified: 27 Aug 2021 18:42
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item
View Item