Proses penalaran analogi siswa dalam Aljabar

Lailiyah, Siti and Nusantara, Toto (2014) Proses penalaran analogi siswa dalam Aljabar. In: Konferensi Nasional Matematika XVII - 2014: Peranan Matematika dan Statistika Menyongsong ASEAN Economics Community, Surabaya - Indonesia.

[thumbnail of Siti Lailiyah_Proses Penalaran Analogi Siswa Dalam Aljabar.pdf] Text
Siti Lailiyah_Proses Penalaran Analogi Siswa Dalam Aljabar.pdf

Download (304kB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013 sejalan dengan standar isi BSNP (2006) dan NCTM (2000) yaitu menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Penalaran analogi menjadi penting dalam tujuan pembelajaran matematika dikarenakan analogi dapat digunakan untuk menjelaskan banyak aspek kreativitas kognitif, produktivitas dan adaptivitas. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Markus Ruppert dan penelitian Robert J Sternberg. Penelitian Markus Ruppert lebih pada proses pembelajaran ketika penalaran analogi diterapkan seperti melakukan cara dalam penalaran analogi dalam menyelesaikan pemecahan masalah, sedangkan penelitian Robert Sternberg hanya pada studi literatur tentang komponen-komponen yang terjadi dalam melakukan proses penalaran analogi diantaranya encoding, inferring, mapping dan applying. Adapun masalah dalam penelitian ini mengkaji proses berpikir siswa dalam melakukan penalaran analogi pada aljabar dengan menggunakan teori kerangka kognitif penalaran analogi model Sternberg. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan proses penalaran analogi siswa dalam aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi kelas, metode thinks alouds, instrumen lembar pertanyaan penalaran analogi dan wawancara pada siswa. Dari hasil penelitian ini, siswa dalam menyelesaikan pertanyaan penalaran analogi terkait dengan komponen penalaran analogi Sternberg yang meliputi encoding, inferring, mapping dan applying. Analisis data menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan penalaran analogi tingkat tinggi mampu mengidentifikasi dan mencari hubungan antara masalah sumber dengan masalah target melalui semua komponen penalaran analogi Sternberg. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran analogi tingkat sedang mampu mengidentifikasi dan mencari hubungan antara masalah sumber dan masalah target melalui sebagian komponen penalaran analogi Sternberg. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan penalaran analogi tingkat rendah tidak mampu mengidentifikasi dan tidak mampu mencari hubungan antara masalah sumber dan masalah target.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Lailiyah, Siti
lailiyah@uinsby.ac.id
2028098401
Nusantara, Toto
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Proses berpikir; penalaran analogi; Aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220312 Philosophy of Cognition
Divisions: Karya Ilmiah > Conference
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:49
Last Modified: 02 Nov 2021 06:49
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item
View Item