Taufik, Taufik and Indarwati, Desy and Ahmad, Muhammad Syahru and Wulandari, Reni (2021) Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I: microteaching tahun 2021. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Taufik_Pedoman Pengenalan Lapngan Persekolahan (PLP) I Mocroteaching FTK UINSA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Merujuk pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, pada Program Sarjana Pendidikan, praktik di lapangan diwujudkan dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang.
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) secara umum dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan 4 kompetensi kualifikasi guru yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan personal. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka kegiatan PLP didesain secara berkelanjutan, yakni PLP I dan PLP II. PLP I sendiri terbagi dalam kegiatan Observasi Persekolahan & Pengenalan Budaya Sekolah dan microteaching di laboratorium. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I - Microteaching di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya adalah kegiatan untuk menerapkan berbagai teori kependidikan melalui latihan mengajar secara terbimbing dan terpadu dalam rangka membentuk guru yang profesional. PLP I - Microteaching merupakan tahap latihan mengajar dalam kelompok kecil di hadapan teman-teman sendiri, dan atau beberapa siswa yang dihadirkan untuk kepentingan tersebut. PLP I - Microteaching menjadi salah satu mata kuliah pra syarat untuk mengikuti PLP II pada semester berikutnya.
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) – Observasi Persekolahan & Pengenalan Budaya Sekolah tahun 2021 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sesuai dengan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi CORONA VIRUS DESEAS 2019 (Covid-19) maka proses praktik microteaching dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan fasilitas Google classroom dan Google meeting atau platform virtual meeting lainnya.
Item Type: | Book |
---|---|
Additional Information: | Microteaching |
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Taufik, Taufik taufiksiraj@uinsby.ac.id 197302022007011040 Indarwati, Desy desyindarwati@uinsby.ac.id 198912282015032008 Ahmad, Muhammad Syahru Syahruahmad@uinsby.ac.id 199003312015031003 Wulandari, Reni reniwulandari@uinsby.ac.id 198804202015032009 |
Contributors: | Contribution Name Email Other Mas'ud, Ali UNSPECIFIED |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Karya Ilmiah > Pedoman |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 10:10 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 10:10 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/64 |