Pengembangan perangkat pembelajaran model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatih disposisi matematis siswa

Yulianingrum, Cindy Amelia and Kurniawan, Agus Prasetyo and Lubab, Ahmad (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatih disposisi matematis siswa. MUST: Journal of Mathematics education, science and Technology, 5 (1). pp. 39-50. ISSN 2541-4674; 2541-6057

[thumbnail of Ahmad Lubab_Pengembangan perangkat pembelajaran model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatih disposisi matematis siswa.pdf] Text
Ahmad Lubab_Pengembangan perangkat pembelajaran model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatih disposisi matematis siswa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) disesuaikan model accelerated learning dengan strategi firing line. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kevalidan RPP dan LKPD, 2) kepraktisan RPP dan LKPD, 3) keefektifan RPP dan LKPD, dan 4) disposisi matematis. RPP dan LKPD dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi fase analisis, fase perencanaan, fase pengembangan, fase penerapan, dan fase penilaian. Uji coba perangkat dilakukan pada tanggal 22 s.d 23 Agustus 2019 di MTsN 1 Kota Surabaya. Instrumen uji coba perangkat berupa lembar catatan lapangan, lembar angket validasi, lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis data berupa RPP dan LKPDdengan rata-rata secara berturut-turut 4,30 dan 4,31. RPP dan LKPD tergolong praktis dan mendapat nilai B (layak digunakan dengan sedikit revisi). Aktivitas siswa tergolong aktif,dengan rata-rata 89,58% pada pertemuan pertama dan rata-rata pertemuan kedua sebesar 93,50%, Selain itu, dilihat dari keterlaksanaan sintaksnya, kedua pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 80% dan 84,71%. Selain itu, RPP dan LKPD yang dikembangkan tergolong efektif. Dengan demikian, disposisi matematis pada mayoritas siswa kelas VIII H MTsN 1 Kota Surabaya tergolong cukup baik.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Yulianingrum, Cindy Amelia
cindy.amelia0407@gmail.com
-
Kurniawan, Agus Prasetyo
tyo@uinsby.ac.id
2021088301
Lubab, Ahmad
ahmadlubab@uinsby.ac.id
2011118102
Uncontrolled Keywords: Accelerated learning; disposisi matematis; firing line
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 21 Jul 2021 14:18
Last Modified: 21 Jul 2021 14:18
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item