Yusuf, Arba'iyah (2022) Penguatan pendidikan karakter: mengembangkan kepribadian utama entitas individualiteit perspektif pendidikan holistik dan merdeka belajar. The UINSA Press, Surabaya. ISBN 978-602-332-161-2
Arbaiyah_Penguatan Pendidikan Karakter.pdf
Download (4MB)
Abstract
Buku ini ditulis dilatarbelakangi pendidikan karakter adalah sebuah keniscayaan kapanpun dan dimanapun. Mulai tahun 2016 Indonesia menetapkan bahwa core pendidikannya adalah pendidikan karakter. Dua hal yang digali dalam penulisan ini yaitu pertama bagaimana strategi penguatan pendidikan karakter mengembangkan kepribadian utama entitas individualiteit perspektif pendidikan holistik. Kedua bagaimana strategi penguatan pendidikan holistik mengembangkan kepribadian utama entitas individualiteit perspektif merdeka belajar. Buku ini memberikan gambaran bahwa kepribadian utama entitas individualiteit perspektif pendidikan holistik terdiri dari potensi spirituality, intellectuality, emotional, physic, dan aestetics. Sedangkan perspektif merdeka belajar terdiri dari beriman bertaqwa berakhlak mulia, berintegritas, gotong royong kreatif, dan mandiri. Penguatan pendidikan karakter mengarahkan pendidikan menghasilkan pribadi utama berkarkater 5 nilai utama yaitu religiousitas, nasionalisme, integritas, mandiri dan gotong royong. Terdapat kedekatan antara penguatan pendidikan karakter dan merdeka belajar. Strategi yang digunakan dan penguatan pendidikan karakter ini adalah berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis partisipasi masyarakat. Komitmen, disiplin, semangat berbagi, semangat menyebarkan ilmu menjadi spirit penelitian bisa tuntas. Karya ini merupakan bagian dari ibadah kepada Allah SWT peneliti dengan harapan memberi manfaat bagi peneliti, bagi pecinta ilmu, dan bagi para aktifis pendidikan.
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Yusuf, Arba'iyah arba_gusti@uinsby.ac.id 2003056401 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Pendidikan Holistik; Merdeka Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Karya Ilmiah > Buku |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:48 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 15:52 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3223 |