Inovasi model pembelajaran bahasa Arab dalam merespon pandemi Covid-19

Hanifah, Umi and Syafi'i, Syafi'i and Jannah, Ida Miftakhul (2021) Inovasi model pembelajaran bahasa Arab dalam merespon pandemi Covid-19. In: Seminar Internasional ke-3 Prodi Bahasa Arab dan Dirasah Islamiyah Fakultas Tarbiyah Universitas Ain Shams Mesir/المؤتمر الدولي الثالث لقسم اللغة العربية والدراسات الإسلامية كلية التربية – جامعة عين شمس, 11-13 Sepetember 2021, Ain Shams University Mesir.

[thumbnail of Umi Hanifah_prosiding_Inovasi model pembelajaran bahasa Arab.pdf] Text
Umi Hanifah_prosiding_Inovasi model pembelajaran bahasa Arab.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa lembaga pendidikan beralih dengan cepat dari pembelajaran langsung ke pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh. Lembaga-lembaga pendidikan berinovasi dalam mendesain berbagai model pembelajaran secara online. Dalam kajian ini, penulis memaparkan tentang inovasi model pembelajaran Bahasa Arab online melalui aplikasi E-learning versi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam merespon Pandemi Covid-19. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui penerapan aplikasi E-learning versi Kemenag RI dan apa saja problematika serta solusinya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, kajian ini sangat penting bagi pengajar Bahasa Arab dalam menerapkan E-learning dengan baik. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam kajian ini adalah guru Bahasa Arab di MTs Negeri 1 dan 2 Surabaya. Adapun metode pengumpulan data dalam kajian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model E-learning versi Kemenag RI dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 dan 2 Kota Surabaya menggunakan model fully online. Problematika dalam penerapan model E-learning versi Kemenag RI, diantaranya: (1) guru mengalami kesulitan pada awal menerapkan e-learning, (2) terdapat fitur meet yang hanya bisa digunakan dengan media laptop, tetapi mayoritas siswa menggunakan media Hp, (3) membutuhkan signal yang kuat sehingga ketika server sibuk, guru dan siswa susah untuk masuk ke website e-learning, dan (4) siswa cenderung bosan karena pembelajaran monoton dan kurang menarik. Adapun solusi dari problematika tersebut adalah: sekolah mengadakan pelatihan E-learning versi Kemenag RI, guru menggunakan bantuan media dan aplikasi lain yang terjangkau dan bervariasi, seperti WhatsApp, Youtube, Quizizz, dan lain sebagainya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Hanifah, Umi
umihanifah@uinsby.ac.id
2028097802
Syafi'i, Syafi'i
syafii@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Jannah, Ida Miftakhul
idamj@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi pembelajaran; model pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr. M.Pd.I Umi Hanifah
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:06
Last Modified: 18 Feb 2022 08:06
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item
View Item