Dilema tanggung jawab guru masa depan

Anshori, Isa (1993) Dilema tanggung jawab guru masa depan. Mimbar Pembangunan Agama: 76. pp. 51-52. ISSN 0215-3289

[thumbnail of Isa Anshori_MPA 1993 Dilema Tanggungjawab Guru Masa Depan 1993.pdf] Text
Isa Anshori_MPA 1993 Dilema Tanggungjawab Guru Masa Depan 1993.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memasuki era baru yang dimulai sejak tahun 1993 hingga sekarang, tanggung jawab guru semakin lama semakin besar, karena yang dihadapi manusia berakal dan berbudi dalam kondisi belum dewasa. Guru dituntut bisa membentuk karakter dan membekali kecakapan peserta didik sesuai dengan zamannya. Berarti guru harus menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi agar nilai yang ditransformasikan kepada peserta didik bisa difungsikan dalam kehidupan kelak, harus mengetahui kondisi psikis peserta didik agar nilai-nilai dan ilmu pengetahuan yang diberikan bisa diserap dengan mudah, harus melandasi dengan morma masyarakat dan moral agama agar laju perkembangan peserta didik bisa dikontrol, harus mengkarakter pada diri guru sendiri agar bisa dijadikan panutan, serta harus berani menanggung resiko yang dilakukan peserta didik. Namun besarnya tanggungjawab guru tersebut belum diimbangi oleh perlakuan yang wajar dari kalangan masyarakat dan pemerintah, sehingga mulai terkesan , banyak yang enggan menjadi guru. Untuk itu perhatian masyarakat dan pemerintah terhadap guru menjadi sangat penting.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Anshori, Isa
isaanshori67@gmail.com
2006056701
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Tanggung Jawab Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Hamidah
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:01
Last Modified: 08 Sep 2021 22:51
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item
View Item