Kurniawan, Agus Prasetyo and Anam, Ahmad Choirul and Abdussakir, Abdussakir and Rofiki, Imam (2019) Integrasi etnomatematika dengan model pembelajaran probing-prompting untuk melatih komunikasi matematis siswa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7 (1). pp. 1-15. ISSN 2354-6883; 2581-172X
Agus Prasetyo Kurniawan_Integrasi etnomatematika dengan model pembelajaran probing-prompting untuk melatih komunikasi matematis siswa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (443kB)
Abstract
Etnomatematika menjadi kajian tren penelitian saat ini. Etnomatematika memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran matematika dengan melibatkan potensi budaya. Matematika perlu dikomunikasikan dengan menyisipkan budaya sehingga siswa mudah memahami materi. Oleh karena itu, etnomatematika perlu diintegrasikan dengan suatu model pembelajaran. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika yang dapat melatih komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI) dengan tiga tahapan, yaitu menentukan, mengembangkan, dan mengevaluasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas 8 MTs Negeri Sidorejo Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, lembar validasi, dan tes. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa kisi-kisi soal, soal tes, LKS, dan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini dapat digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Kurniawan, Agus Prasetyo sugaghost@gmail.com 2021088301 Anam, Ahmad Choirul ahmadchoirul1994@gmail.com - Abdussakir, Abdussakir sakir@mat.uin-malang.ac.id - Rofiki, Imam imam.rofiki@uin-malang.ac.id4 - |
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika; komunikasi matematis; probing-prompting |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010502 Integrable Systems (Classical and Quantum) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 05:57 |
Last Modified: | 08 Aug 2021 04:23 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/592 |