Peran manajemen qalbu bagi pendidik

Faizin, Moh. (2013) Peran manajemen qalbu bagi pendidik. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) (1): 1. pp. 122-139. ISSN 2089-1946; 2527-4511

[thumbnail of Moh. Faizin_Peran manajemen qalbu bagi pendidik.pdf] Text
Moh. Faizin_Peran manajemen qalbu bagi pendidik.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB)

Abstract

BAHASA INDONESIA:Tulisan ini bermaksud mengulas peran manajemen qolbu bagi pendidik (guru). Konsep manajemen qolbu dalam Islam semakna dengan tazkiyatun nufus (pembersihan jiwa). Melalui manajemen qolbu, seseorang dapat diarahkan agar menjadi sangat peka dalam mengelola sekecil apapun potensi yang ada dalam dirinya untuk menjadi sesuatu yang bernilai kemuliaan serta memberi manfaat besar, bagi dirinya dan makhluk Allah yang lain, juga kemaslahatan di dunia dan akhirat. Guru ideal adalah guru yang memiliki motivasi mengajar dengan tulus, yaitu ikhlas dalam mengamalkan ilmunya, bertindak ibarat orang tua yang penuh kasih sayang terhadap anak, dapat mempertimbangkan kemampuan intelektual anak, mampu menggali potensi yang dimiliki anak, bersikap terbuka dan demokratis untuk menerima dan menghargai pendapat anak, dapat bekerjasama dengan anak didik dalam memecahkan masalah, dan ia menjadi tipe ideal atau idola bagi anak didiknya, sehingga anak didik akan mengikuti perbuatan baik yang dilakukan gurunya. Dengan mendengarkan panggilan suara hati, para guru akan menjadi baik, karena suara hati adalah pantulan dari fitrah jiwanya. Melalui hati yang baik ia mampu memahami dan mengembangkan dirinya. Hal ini senantiasa menunjukkan seluruh gerakan dan kiprahnya untuk mendapatkan ridla Allah SWT, sebab tidak ada yang dituju kecuali hanya Allah SWT. Pada akhirnya para guru yang dapat mengelola hatinya (memiliki manajemen qolbu) akan dapat menjadi sosok guru yang “digugu dan ditiru”. Jadi manajemen qolbu sangat signifikan perannya dalam meningkatkan intelektualitas dan religiusitas bagi guru. ENGLISH:This study explains about the role of heart management for educators (teachers). Heart management concept on Islam has same purpose with tazkiyatun nufus (soul maintenance). Trough heart management, people can be directed to be sensitive to manage their small potential to be valuable thing that has big impact not only for themselves, but also for large societies in the world and hereafter. Ideal educator is an honest-straightforward person; she or he is sincere to teach the learners, acts and loves as if real parents, understands the ability of each learner, develops the learners’ potential, open-minded and democratic to receive and respect the learners’ opinions, does teamwork with the learners to solve the problem, and being idol to the learners. Hence, the learners will go along with good attitude of the educators. By understanding heart’s whisper, the educators will be good Muslims, because heart whisper is the mirror of the fitrah soul. Through kind heart, the educators can understand and develop themselves. This case shows that all of their actions and services only because of Allah. Finally, the educators can manage their hearts, and then they can be good role model for the learners. Accordingly, heart management has significant role in increasing intellectual and religious for the educators.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Faizin, Moh.
faizin-ahwan@yahoo.com
-
Uncontrolled Keywords: Qolbu; tazkiyatun nafs; pendidik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220301 Aesthetics
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 15 Jul 2021 13:23
Last Modified: 15 Jul 2021 13:23
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item