Farisia, Hernik and Setyobudi, Fadia Dwi Adis and Chafsoh, Nabila Priyanka and Apriliyanti, Vanny (2023) Penerapan Model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17 (2). pp. 265-277. ISSN 1979 – 666
![[thumbnail of 2023_Penerapan PBL.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2023_Penerapan PBL.pdf
Download (259kB)
Abstract
Kurangnya kemampuan guru dalam memberikan peluang pada peserta didik supaya aktif memiliki dampak pada keterampilan berbahasa mereka. Selain itu, tidak adanya motivasi yang dimiliki peserta didik juga mengakibatkan hal tersebut. Pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia perlu dilaksanakan secara variatif dan inovatif agar penguasaan kompetensi yang dimiliki peserta didik menjadi optimal.
Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dalam karya ini digunakan literature review, mencari penelitian di berbagai sumber literatur berupa buku, artikel, jurnal atau dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Metode ini diperoleh rujukan dari 10 tahun terakhir artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan model Problem Based Learning akan membantu guru
dalam mengatasi permasalahan yang ada. Pada kondisi awal, peserta didik diarahkan agar mengidentifikasi suatu permasalahan. Selanjutnya, mereka harus menemukan solusi melalui kegiatan penyelidikan. Terbukti dari hasil penelitian bahwasanya model ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, sekaligus keterampilan berbahasa mereka. Sebab peserta didik dapat mengutarakan pendapatnya dengan keterampilan dalam berbahasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Farisia, Hernik hernikfarisia@uinsa.ac.id UNSPECIFIED Setyobudi, Fadia Dwi Adis UNSPECIFIED UNSPECIFIED Chafsoh, Nabila Priyanka UNSPECIFIED UNSPECIFIED Apriliyanti, Vanny UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Berbasis Masalah; Model Pembelajaran Tematik; Bahasa Indonesia; Keterampilan Berbahasa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I Hernik Farisia |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:39 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:39 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3548 |