Burhanuddin, Nizam and Muallifah, Ilun (2025) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program Madrasah Diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![[thumbnail of Nizam Burhanuddin_Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program Madrasah Diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Nizam Burhanuddin_Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program Madrasah Diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kompetensi profesional guru merupakan kemampuan yang harus dikuasai guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Sehingga bila kompetensi profesional guru terpenuhi maka diharapkan hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik, termasuk dalam program madrasah diniyah. Namun faktanya di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo ditemukan bahwa sedikit dari guru madrasah diniyah SD Khazanah Ilmu yang merupakan lulusan dari pendidikan agama Islam. Hal itu tidak sejalan dengan teori watak kerja profesionalisme yang disampaikan oleh Abdurrozaq Hasibuan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Dimana kompetensi profesional guru madrasah diniyah (X) menjadi variabel independen dan hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah (Y) menjadi variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Khazanah Ilmu yang berjumlah 525 dan sampel diambil menggunakan teknik purposive random sampling yang berjumlah 30 peserta didik. Peneliti memilih teknik pengumpulan data variabel independen melalui angket dan variabel dependen melalui dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data guna menguji hipotesis menggunakan teknik hitung regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Kompetensi profesional guru madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo berada pada kategori sangat baik, dibuktikan melalui hasil angket diperoleh 63,33% responden memberi penilaian sangat baik. (2) Hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo berada pada kategori SaB (Sangat Berkembang) atau setara dengan sangat baik, dibuktikan melalui dokumentasi nilai rapor peserta didik madrasah diniyah semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025, 60% responden berada dalam kategori SaB (Sangat Berkembang). (3) Ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo, dibuktikan berdasarkan uji hipotesis yang didapatkan hasil hitung yakni nilai signifikansi sebesar 0,00 sedangkan taraf signifikansi sebesar 0,05. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi atau 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Burhanuddin, Nizam UNSPECIFIED UNSPECIFIED Muallifah, Ilun UNSPECIFIED 2006076701 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 05:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 05:51 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3531 |