Rohman, Abid and Hajar, Imam Ibnu and Mansyur, M. Munir (2025) Moderasi di Pondok Pesantre: Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren. PENA CENDEKIA PUSTAKA, Surabaya.
![[thumbnail of Abid Rohman, dkk._Moderasi di Pondok Pesantren.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Abid Rohman, dkk._Moderasi di Pondok Pesantren.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan umat islam yang sudah mengakar di masayarakat memiliki peran yang cukup signifikan di dalam melakukan penguatan pemahaman yang moderat. Dalam sejarah umat isalam di Indonesia Pondok pesantren menjadi pusat pendidikan Islam kultural telah memberikan wawasan tentang islam kaffah dan bahkan tidak sedikit pondok pesantren juga menjadi basis perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah pada era kolonialisasi di Nusantara. Dewasa ini, di masyarakat kita juga didapati beberapa isu yang kurang sedap didengar, antara lain munculnya anggapan sebagian masyarakat yang ‘anti islam’ adanya pesantren yang disinyalir telah disalahfungsikan dari yang sebenarnya dalam kontek kultur masayarakat islam nusantara, dimana kalangan kelompok radikal dalam Islam di Indonesia menggunakan institusi pesantren sebagai tempat penyebaran faham radikal dan ekstrim. Terlepas dari kebenaran isu tersebut tentu harus dibuktikan dengan penelitian yang mendalam ke depan. Namun yang patut menjadi perhatian disini adalah adanya upaya pesantren untuk membuktikan diri bahwa lembaga ini dalam sejarah umat islam di Indonesai tidak pernah menjadi basis ajaran islam radikal, ataupun basis dari ajaran islam liberal. Studi ini bermaksud untuk menjelaskan kepada publik masyarakat indonesia khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya; bahwa Institusi pendidikan Islam Pesantren sesunguhnya telah berupaya maksimal untuk menanamkan Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan umat islam yang sudah mengakar di masayarakat memiliki peran yang cukup signifikan di dalam melakukan penguatan pemahaman yang moderat. Dalam sejarah umat isalam di Indonesia Pondok pesantren menjadi pusat pendidikan Islam kultural telah memberikan wawasan tentang islam kaffah dan bahkan tidak sedikit pondok pesantren juga menjadi basis perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah pada era kolonialisasi di Nusantara. Dewasa ini, di masyarakat kita juga didapati beberapa isu yang kurang sedap didengar, antara lain munculnya anggapan sebagian masyarakat yang ‘anti islam’ adanya pesantren yang disinyalir telah disalahfungsikan dari yang sebenarnya dalam kontek kultur masayarakat islam nusantara, dimana kalangan kelompok radikal dalam Islam di Indonesia menggunakan institusi pesantren sebagai tempat penyebaran faham radikal dan ekstrim. Terlepas dari kebenaran isu tersebut tentu harus dibuktikan dengan penelitian yang mendalam ke depan. Namun yang patut menjadi perhatian disini adalah adanya upaya pesantren untuk membuktikan diri bahwa lembaga ini dalam sejarah umat islam di Indonesai tidak pernah menjadi basis ajaram islam radikal, ataupun basis dari ajaran islam liberal. Studi ini bermaksud untuk menjelaskan kepada publik masyarakat indonesia khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya; bahwa Institusi pendidikan Islam Pesantren sesunguhnya telah berupaya maksimal untuk menanamkan
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Rohman, Abid abidabufida@gmail.com 2023067704 Hajar, Imam Ibnu ibnuhajar@uinsby.ac.id 2006086802 Mansyur, M. Munir UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Pesantren; Moderasi Beragama; Pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Karya Ilmiah > Buku |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 09:30 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 09:30 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3522 |