Kadir, Abd. (2014) Sumber belajar dalam teori pancaran: telaah filosofis tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 107-130. ISSN 2527-4511
Abd. Kadir_artikel_Sumber Belajar dalam teori Pancaran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (203kB)
Abstract
Secara luas sumber belajar merupakan pengalaman hidup yang bersifat empirik, rasional dan spiritual. Pengalaman hidup empirik didapat dari insteraksi seseorang dengan lingkungan material dan sosial, dan yang rasional dari melalui premis-premis yang dapat dipikirkan secara logis; sedangkan yang spiritual merupakan emanasi dari wujud wajib melalui akal aktif kepada Akal Mustafad. Akal yang beroperasi pada level supra mental ini memancarkan pengetahuan yang berupa bentuk tertentu kepada seseorang, karena ada kecenderungan jiwa manusia yang suci berhubungan dengan akal ini. Siapapun yang dapat berhubungan dan berkomunikasi dengan akal ini, maka ia akan mengenal atau mengetahui hakikat dari sesuatu.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Kadir, Abd. kadirqi@yahoo.co.id 2003085301 |
Uncontrolled Keywords: | Sumber belajar; teori pancaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Pd.I Abdun Nashir |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:18 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:18 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3369 |