Sumber belajar dalam teori pancaran: telaah filosofis tentang pendidikan

Kadir, Abd. (2014) Sumber belajar dalam teori pancaran: telaah filosofis tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 107-130. ISSN 2527-4511

[thumbnail of Abd. Kadir_artikel_Sumber Belajar dalam teori Pancaran.pdf] Text
Abd. Kadir_artikel_Sumber Belajar dalam teori Pancaran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)

Abstract

Secara luas sumber belajar merupakan pengalaman hidup yang bersifat empirik, rasional dan spiritual. Pengalaman hidup empirik didapat dari insteraksi seseorang dengan lingkungan material dan sosial, dan yang rasional dari melalui premis-premis yang dapat dipikirkan secara logis; sedangkan yang spiritual merupakan emanasi dari wujud wajib melalui akal aktif kepada Akal Mustafad. Akal yang beroperasi pada level supra mental ini memancarkan pengetahuan yang berupa bentuk tertentu kepada seseorang, karena ada kecenderungan jiwa manusia yang suci berhubungan dengan akal ini. Siapapun yang dapat berhubungan dan berkomunikasi dengan akal ini, maka ia akan mengenal atau mengetahui hakikat dari sesuatu.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Kadir, Abd.
kadirqi@yahoo.co.id
2003085301
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar; teori pancaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 15 May 2024 08:18
Last Modified: 15 May 2024 08:18
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item
View Item