Konservasi pendidikan karakter Islami dalam hidden curriculum sekolah

Fathurrohman, Fathurrohman (2014) Konservasi pendidikan karakter Islami dalam hidden curriculum sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 131-143. ISSN 2527-4511

[thumbnail of Fathurrohman_artikel_Konservasi Pendidikan Karakter Islami.pdf] Text
Fathurrohman_artikel_Konservasi Pendidikan Karakter Islami.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)

Abstract

Pendidikan di negeri ini hingga sekarang masih menyisakan banyak persoalan, baik dari segi kurikulum, manajemen, maupun para pelaku dan pengguna pendidikan. SDM Indonesia masih belum mencerminkan cita-cita pendidikan yang diharapkan. Masih banyak ditemukan kasus seperti siswa melakukan kecurangan ketika sedang menghadapi ujian, bersikap malas dan senang bermain, hura-hura, senang tawuran antar sesama siswa, melakukan pergaulan bebas, hingga terlibat narkoba dan tindak kriminal lainnya. Kenyataan membuktikan bahwa Indonesia banyak bermasalah dalam hal karakter. Hal ini berarti bangsa Indonesia yang didominasi oleh umat Islam belum mengamalkan ajaran agama dengan baik. Untuk itu, perlu menjadikan pendidikan karakter Islami sebagai pondasi utama dalam membangun karakter manusia. Dengan agamalah karakter yang seutuhnya bisa dibangun. Namun demikian, untuk zaman sekarang masih diperlukan metode dan strategi yang dikembangkan oleh para ahli moral melalui hidden curriculum di sekolah.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Fathurrohman, Fathurrohman
fathur1173@gmail.com
2030117301
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; hidden curriculum
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 15 May 2024 08:11
Last Modified: 15 May 2024 08:12
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item
View Item