Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern

Mahbubi, Abdillah and Latifah, Sinta Nailul and Abu Bakar, M. Yunus (2023) Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern. Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4 (1). ISSN ISSN : 2775-1198 (print); 2775-2755 (online)

[thumbnail of M. Yunus Abu Bakar_Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern.pdf] Text
M. Yunus Abu Bakar_Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB)

Abstract

Madzhab teori belajar merujuk pada beberapa pandangan dan pendekatan dalam menjelaskan proses pembelajaran. Terdapat beberapa madzhab teori belajar yang terkenal dan banyak digunakan dalam konteks pendidikan, seperti behavioristik, kognitifistik, konstruktivisme, generatif, dan humanistik. Setiap madzhab teori belajar memiliki prinsip dan pendekatan yang berbeda dalam menjelaskan proses pembelajaran. Dalam pengajaran di kelas, teori belajar digunakan untuk merancang strategi pengajaran yang efektif, memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Teori belajar juga digunakan sebagai landasan dalam penelitian empiris untuk menguji efektivitas dari masing-masing teori belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tulisan ini membahas tentang pembetukan madzhab – madzhab tersebut. madzhab teori belajar dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membantu guru dalam merancang strategi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tulisan ini juga membahas tentang beberapa kritik terhadap madzhab teori belajar, seperti ketidakmampuan untuk menjelaskan perbedaan individual dalam pembelajaran dan kurangnya perhatian terhadap konteks sosial dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Mahbubi, Abdillah
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Latifah, Sinta Nailul
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Abu Bakar, M. Yunus
elyunusy@uinsby.ac.id
2015036501
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:26
Last Modified: 27 Jul 2023 06:26
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item
View Item