Mahbubi, Abdillah and Latifah, Sinta Nailul and Abu Bakar, M. Yunus (2023) Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern. Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4 (1). ISSN ISSN : 2775-1198 (print); 2775-2755 (online)
M. Yunus Abu Bakar_Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (293kB)
Abstract
Madzhab teori belajar merujuk pada beberapa pandangan dan pendekatan dalam menjelaskan proses pembelajaran. Terdapat beberapa madzhab teori belajar yang terkenal dan banyak digunakan dalam konteks pendidikan, seperti behavioristik, kognitifistik, konstruktivisme, generatif, dan humanistik. Setiap madzhab teori belajar memiliki prinsip dan pendekatan yang berbeda dalam menjelaskan proses pembelajaran. Dalam pengajaran di kelas, teori belajar digunakan untuk merancang strategi pengajaran yang efektif, memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Teori belajar juga digunakan sebagai landasan dalam penelitian empiris untuk menguji efektivitas dari masing-masing teori belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tulisan ini membahas tentang pembetukan madzhab – madzhab tersebut. madzhab teori belajar dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membantu guru dalam merancang strategi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tulisan ini juga membahas tentang beberapa kritik terhadap madzhab teori belajar, seperti ketidakmampuan untuk menjelaskan perbedaan individual dalam pembelajaran dan kurangnya perhatian terhadap konteks sosial dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Mahbubi, Abdillah UNSPECIFIED UNSPECIFIED Latifah, Sinta Nailul UNSPECIFIED UNSPECIFIED Abu Bakar, M. Yunus elyunusy@uinsby.ac.id 2015036501 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:26 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:26 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3194 |