Muttaqin, Mochamad Zaenal and Kusaeri, Kusaeri (2017) Pengembangan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian untuk pembelajaran PAI berbasis masalah materi Fiqh. Jurnal Tatsqif (Jurnal pemikkirian dan penelitian pendidikan), 15 (1). pp. 1-23. ISSN 1829-2940; 2503-4510
Kusaeri_Pengembangan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah pada materi Fiqh. Tes tertulis yang dikembangkan didesain dengan mengacu pada Taksonomi Bloom edisi revisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal (3) menelaah soal (4) memperbaiki tes (5) melakukan uji coba (6) menganalisis butir soal (7) menafsirkan hasil uji coba. Uji coba instrumen dilakukan di MTSN 4 Sidoarjo, pemilihan subjek coba dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana. Pengujian kualitas instrumen menggunakan bantuan software excel. Parameter butir dianalisis menggunakan teknik klasik yang meliputi: tingkat kesulitan dan daya pembeda soal. Validitas isi instrumen diperoleh dari penilaian pakar dengan menggunakan lembar validasi. Reliabilitas tes dianalisis menggunakan persamaan Flanagan. Penelitian ini menghasilkan enam butir soal tes tertulis bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dihasilkan sangat valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,6. Butir-butir tes memiliki parameter tingkat kesulitan pada rentang 0,3 – 0,7 dengan indeks kesulitan terrendah adalah 0,53 dan tertinggi adalah 0,70. Daya pembeda berada pada rentang 0,3-0,4 dengan indeks daya pembeda terendah adalah 0,24 dan tertinggi 0,36. Instrumen memiliki reliabilitas yang sangat tinggi
yaitu 0,819.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Muttaqin, Mochamad Zaenal - - Kusaeri, Kusaeri kusaeri@uinsby.ac.id 2006077202 |
Uncontrolled Keywords: | Non objektif; pembelajaran berbasis masalah; Taksonomi Bloom. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 08:47 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 08:47 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/315 |