Aida, Nur and Kusaeri, Kusaeri and Hamdani, A. Saepul (2017) Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar Matematika ranah kognitif yang dikembangkan mengacu pada model pisa. Suska; Journal of Mathematics Education, 3 (2). pp. 130-139. ISSN 2477-4758; 2540-9670
Kusaeri_Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar Matematika ranah kognitif.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (482kB)
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan berupa validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing. Selanjutnya, data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan melalui software BILOG-MG untuk mengetahui karakteristik tiap instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 butir soal yang dikembangkan dinyatakan valid dengan reliabilitas sedang dan 1 butir soal dinyatakan tidak valid. Sedangkan 7 butir soal yang dinyatakan valid meliputi daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing termasuk kategori baik, hanya butir soal nomor 1 yang mempunyai kategori tingkat kesukaran tidak baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Aida, Nur - - Kusaeri, Kusaeri kusaeri@uinsby.ac.id 2006077202 Hamdani, A. Saepul aseptheaiain@yahoo.co.id 2031076501 |
Uncontrolled Keywords: | Instrumen penilaian; kognitif; PISA |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 08:06 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 08:06 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/302 |