Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar Matematika ranah kognitif yang dikembangkan mengacu pada model pisa

Aida, Nur and Kusaeri, Kusaeri and Hamdani, A. Saepul (2017) Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar Matematika ranah kognitif yang dikembangkan mengacu pada model pisa. Suska; Journal of Mathematics Education, 3 (2). pp. 130-139. ISSN 2477-4758; 2540-9670

[thumbnail of Kusaeri_Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar Matematika ranah kognitif.pdf] Text
Kusaeri_Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar Matematika ranah kognitif.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan berupa validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing. Selanjutnya, data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan melalui software BILOG-MG untuk mengetahui karakteristik tiap instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 butir soal yang dikembangkan dinyatakan valid dengan reliabilitas sedang dan 1 butir soal dinyatakan tidak valid. Sedangkan 7 butir soal yang dinyatakan valid meliputi daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing termasuk kategori baik, hanya butir soal nomor 1 yang mempunyai kategori tingkat kesukaran tidak baik.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Aida, Nur
-
-
Kusaeri, Kusaeri
kusaeri@uinsby.ac.id
2006077202
Hamdani, A. Saepul
aseptheaiain@yahoo.co.id
2031076501
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian; kognitif; PISA
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:06
Last Modified: 29 Jun 2021 08:06
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item
View Item