Pengembangan Skala Kegigihan Belajar pada peserta didik sekolah menengah

Mukhoiyaroh, Mukhoiyaroh (2022) Pengembangan Skala Kegigihan Belajar pada peserta didik sekolah menengah. [Teaching Resource] (Unpublished)

[thumbnail of Mukhoiyaroh_02-Pengembangan Skala Kegigihan belajar pada Peserta didik di Sekolah Menengah..pdf] Text
Mukhoiyaroh_02-Pengembangan Skala Kegigihan belajar pada Peserta didik di Sekolah Menengah..pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skala kegigihan belajar siswa pada siswa kelas menengah. Skala Kegigihan Belajar mengukur tentang kegigihan siswa dalam menghadapi kesulitan, kebosanan dan tantangan tugas-tugas belajar dalam mencapai tujuan belajar dengan usaha dan strategi yang dapat dilakukan siswa. Skala kegigihan belajar dihasilkan dari uji analisis faktor eksploratori untuk menguji validitas konstruk kegigihan belajar. Berdasarkan hasil telaah teori tentang kegigihan belajar, komponen kegigihan belajar meliputi (a) goal setting; (b) keyakinan (belief) terhadap kemampuan mengerjakan tugas; (c) usaha (effort) dan pantang menyerah; dan (d) time on task yaitu penggunaan waktu yang efektif untuk belajar. Alat ukur kegigihan belajar terdiri dari 35 butir dalam bentuk 5 Skala Likert. Hasil exploratory factor analysis diperoleh 14 butir skala kegigihan belajar dengan signifikansi >0,5 dan reliabilitas Alpha Cronbach 0,843

Item Type: Teaching Resource
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Mukhoiyaroh, Mukhoiyaroh
mukhoiyarohfik@gmail.com
2009047302
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:47
Last Modified: 25 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item
View Item