Model penguatan pendidikan karakter berbasis kepramukaan bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Margorejo Surabaya

Chasanah, Uswatun and Ahmala, Majidatun and Isbir, Moh. (2020) Model penguatan pendidikan karakter berbasis kepramukaan bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Margorejo Surabaya. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 12 (2). pp. 1575-1597. ISSN 2477-5622

[thumbnail of Uswatun Chasanah_jurnal_Model Penguatan Pendidikan Karakter.pdf] Text
Uswatun Chasanah_jurnal_Model Penguatan Pendidikan Karakter.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (307kB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya salah satu madrasah yang sedang menuju madrasah inklusi. Peserta didik di madrasah ini terdiri dari beberapa jenis kategori peserta didik berkebutuhan khusus yaitu; kesulitan belajar, low vision, tuna daksa dan speech delay. Peserta didik yang tergolong berkebutuhan khusus ini mendapat perhatian yang sama dengan peserta didik reguler. Mereka juga berkewajiban mengikuti kegiatan ekstrakulikuler wajib (pramuka), dengan tujuan agar karakter mereka terbentuk dengan sempurna. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan model Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan kepramukaan bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah diksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa model Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kepramukaan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya dilakukan dengan mengaktualisasikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam dasa dharma melalui tiga model yaitu model blok, model aktualisasi, model reguler. Implementasi model blok yaitu kegiatan kepramukaan dilakukan melalui perkemahan setahun sekali ajaran baru. Model aktualisasi yaitu kegiatan kepramukan yang diselenggarakan pada tiap minggu. Model reguler adalah kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.

Item Type: Article
Additional Information: http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/4168
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Chasanah, Uswatun
uswatunchasanah@uinsby.ac.id
89878786
Ahmala, Majidatun
mazida23@gmail.com
UNSPECIFIED
Isbir, Moh.
ebitjamil@yahoo.co.id
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Empowering character education; scouting; students with special needs; madrasah ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:01
Last Modified: 08 Jul 2022 08:01
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item
View Item