Chasanah, Uswatun (2009) Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan. TASYRI': Jurnal Tarbiyah Syari'ah Islamiyah, 24 (1). pp. 76-91. ISSN 2654-6132
Uswatun Chasanah_jurnal_Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (931kB)
Abstract
Tulisan ini mengkaji tentang filsafat pendidikan yang ruang lingkupnya meliputi ontologi, epistimologi dan aksiologi pendidikan. Ontologi pendidikan mengupas tentang hakikat pendidikan. Epistemologi pendidikan membahas tentang asal- usul atau sumber pendidikan, metode membangun pendidikan, unsur- unsur pendidikan, sasaran pendidikan, dan sebagainya. Sedangkan aksiologi pendidikan mengkaji tentang nilai guna dari pendidikan. Hakikat pendidikan adalah usaha sadar untuk membimbing dan mengembangkan potensi dan kepribadian serta kemampuan dasar peserta didik untuk menuju kepribadian luhur dan berakhlak mulia. Kebenaran pendidikan ditunjukkan pada output atau hasil seluruh rangkaian penyelenggaraan pendidikan menurut objek forma, metode, dan sistem, yaitu berupa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang dimiliki peserta didik. Pendidikan sebagai disiplin ilmu pengetahun yang bersumber dari al-Quran dan hadith, maka pendidikan memiliki nilai-nilai yang diadopsi dari kedua sumber hukum agama tersebut; pendidikan harus mampu menjadikan manusia sebagai insan kamil yang berperan menjadi khalifah di muka bumi.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Chasanah, Uswatun uswatunchasanah@uinsby.ac.id 89878786 |
Uncontrolled Keywords: | Ontologi, Epistimologi,dan Aksiologi Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Pd.I Abdun Nashir |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 07:25 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 07:55 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2612 |