Rusydiyah, Evi Fatimatur and Rakhmawati, Rakhmawati and Indarawati, Desy and Ahmad, Muhammad Syahru (2017) Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II menggunakan Model Konferensi 321 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
Evi Fatimatur Rusdiyah dkk_Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II Menggunakan Model Konferensi 321'.pdf
Download (1MB)
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II merupakan program yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang bertujuan untuk membentuk 4 kompetensi guru sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kualifikasi Guru. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, personal, sosial, dan profesional. Pada tataran praktis, program PPL II ini adalah sebagai usaha menampilkan citra FTK secara utuh di hadapan masyarakat pengguna, yaitu performa sosok calon sarjana Tarbiyah yang berorientasi pada profesionalitas guru PAI, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, guru MI/ SD, dan guru RA/ TK dengan sejumlah kapasitas yang tidak saja mampu dalam bidang isi materi, namun juga dalam bidang pengajaran dan pembelajaran. Konsep pembelajaran pada saat ini berubah dari arah behavioristik menuju konstruktivistik. Perubahan ini diharapkan dapat merubah pola fikir mahasiswa dalam belajar. Demikian juga sekolahsekolah yang menjadi tempat praktik diharapkan juga mampu membekali mahasiswa ke arah itu. Karena cirri khas dari pembelajaran yang konstruktivistik adalah learning community (komunitas belajar).
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Rusydiyah, Evi Fatimatur evifatimatur@uinsby.ac.id 2027127301 Rakhmawati, Rakhmawati rakhmawati@uinsby.ac.id 197803172009122002 Indarawati, Desy - - Ahmad, Muhammad Syahru syahrua31@gmail.com - |
Uncontrolled Keywords: | Konferensi 321; PPL II |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 14:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:02 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1401 |