Asrohah, Hanun and Rusydiyah, Evi Fatimatur and Mustofa, Ali and Halim, Abdul (2012) Pengembangan pendidikan karakter: model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas. Interpena Anggota IKAPI, Yogyakarta. ISBN 978-979-1740-52-4
Hanun Asrohah_Pengembangan pendidikan karakter model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pendidikan karakter di sekolah bisa dikembangkan melalui pembelajaran, program pengembangan diri, kegiatan rutin, dan berbagai pendidikan budaya di sekolah. Penelitian ini adalah pengembangan pendidikan karakter dalam program pembelajaran yang terintegrasi dalam berbagai mata pelajaran di sekolah atau lintas kurikuler. Penggunaan perspektif pilihan rasional ini akan dipadukan dengan perspektif meta learning. Untuk melihat bagaimana pelaku individual mampu menginternalisasi pengalaman-pengalaman kolektif dengan pilihan-pilihan rasional atau yang disebut dengan learn how to learn yaitu suatu proses dimana individu belajar tentang perilaku secara rasional kemudian diinternalisasi dan merefleksikan dalam perilaku individual yang menetap yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai bersama atau perilaku kolektif.
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Asrohah, Hanun hanunasrohah@uinsby.ac.id 2010046801 Rusydiyah, Evi Fatimatur evifatimatur@uinsby.ac.id UNSPECIFIED Mustofa, Ali ali_mustofa76@yahoo.co.id UNSPECIFIED Halim, Abdul halim2014999@gmail.com UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; model belajar; pengembangan diri; pendidikan budaya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220319 Social Philosophy |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 23:28 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 02:50 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1239 |