Pengembangan pendidikan karakter: model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas

Asrohah, Hanun and Rusydiyah, Evi Fatimatur and Mustofa, Ali and Halim, Abdul (2012) Pengembangan pendidikan karakter: model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas. Interpena Anggota IKAPI, Yogyakarta. ISBN 978-979-1740-52-4

[thumbnail of Hanun Asrohah_Pengembangan pendidikan karakter model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas.pdf] Text
Hanun Asrohah_Pengembangan pendidikan karakter model pilihan rasional dalam mewujudkan perilaku kolektif di kelas.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah bisa dikembangkan melalui pembelajaran, program pengembangan diri, kegiatan rutin, dan berbagai pendidikan budaya di sekolah. Penelitian ini adalah pengembangan pendidikan karakter dalam program pembelajaran yang terintegrasi dalam berbagai mata pelajaran di sekolah atau lintas kurikuler. Penggunaan perspektif pilihan rasional ini akan dipadukan dengan perspektif meta learning. Untuk melihat bagaimana pelaku individual mampu menginternalisasi pengalaman-pengalaman kolektif dengan pilihan-pilihan rasional atau yang disebut dengan learn how to learn yaitu suatu proses dimana individu belajar tentang perilaku secara rasional kemudian diinternalisasi dan merefleksikan dalam perilaku individual yang menetap yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai bersama atau perilaku kolektif.

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Asrohah, Hanun
hanunasrohah@uinsby.ac.id
2010046801
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evifatimatur@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Mustofa, Ali
ali_mustofa76@yahoo.co.id
UNSPECIFIED
Halim, Abdul
halim2014999@gmail.com
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; model belajar; pengembangan diri; pendidikan budaya
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220319 Social Philosophy
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 27 Sep 2021 23:28
Last Modified: 16 Feb 2022 02:50
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item
View Item