Alfin, Jauharoti (2014) Peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing PKN kelas III di MI Darunnajah Sukodono. Madrasatuna: Jurnal Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (1). pp. 1-15. ISSN 2087-2631
Jauharoti Alfin_Peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Snowball.pdf
Download (909kB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan perubahan untuk meningkatkan proses KBM antara guru dan siswa, siswa dan siswa, maupun siswa dengan lingkungannya. Dalam proses KBM, sering dijumpai guru selalu mendominasi kegiatan pembelajaran atau dikenal dengan dengan istilah "Teacher Centered". Guru disini berperan sebagai pemberi informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa tanpa memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan pemahamannya sendiri. Dalam siklus kedua siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dan hasil menunjukkan sangat baik. Dan i hasil observasi aktivitas guru meningkat dan i 64,70% (Siklus I) menjadi 91,17% (Siklus II), selain itu hasil observasi siswa menunjukkan peningkatan rata-rata dari 65,76 (Siklus I) menjadi 87,92 (Siklus II). Sementara evaluasi hasil belajar siswa berdasarkan pada LKS pada dua siklus menunjukkan rata-rata 65 (Siklus I) meningkat menjadi 88,27 (Siklus II). Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan dan i 59,45% (siklus I) meningkat menjadi 91,89% (Siklus II).
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Alfin, Jauharoti alfin@uinsby.ac.id 2006067301 |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa; Model Pembelajaran Snowball Throwing; PKn |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:24 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:24 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1224 |