Alfin, Jauharoti (2014) Peningkatan hasil belajar siswa dalam Membaca Nyaring Kelas IV MI Darussalam Jabon Sidoarjo melalui Pembelajaran Kooperatif dengan teknik Problem Solving. Madrasatuna: Jurnal Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah, 5 (2). pp. 70-82. ISSN 2087-2631
Jauharoti Alfin_Peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca nyaring.pdf
Download (998kB)
Abstract
Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang direncanakan. Namun pada kenyataannya pembelajaran yang dilakukan di MI Darussalam Jabon Sidoarjo menemui kesulitan belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran diantaranya yaitu dalam memmbaca nyaring. Siswa dalam membaca masih terbata-bata (mengeja) dan tidak memperhatikan tanda jeda dan intonasi yang tepat serta pembelajaran yang dilaksanakan selama ini hanya terbatas dalam bentuk tes ulang tertulis maupun pertanyaan lisan yang hanya mengukur pemahaman siswa dengan hafalan saja. Sehingga tingkat efektifitas program pembelajaran yang dilaksanakan selama ini masih rendah dalam men ingkatkan belajar siswa. Dan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa sebelurn menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving yaitu 68,22 %, setelah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,31 % pada siklus I dan 80,75 % pada siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Alfin, Jauharoti alfin@uinsby.ac.id 2006067301 |
Uncontrolled Keywords: | Membaca nyaring; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:19 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1223 |