Peningkatan hasil belajar siswa dalam Membaca Nyaring Kelas IV MI Darussalam Jabon Sidoarjo melalui Pembelajaran Kooperatif dengan teknik Problem Solving

Alfin, Jauharoti (2014) Peningkatan hasil belajar siswa dalam Membaca Nyaring Kelas IV MI Darussalam Jabon Sidoarjo melalui Pembelajaran Kooperatif dengan teknik Problem Solving. Madrasatuna: Jurnal Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah, 5 (2). pp. 70-82. ISSN 2087-2631

[thumbnail of Jauharoti Alfin_Peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca nyaring.pdf] Text
Jauharoti Alfin_Peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca nyaring.pdf

Download (998kB)

Abstract

Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang direncanakan. Namun pada kenyataannya pembelajaran yang dilakukan di MI Darussalam Jabon Sidoarjo menemui kesulitan belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran diantaranya yaitu dalam memmbaca nyaring. Siswa dalam membaca masih terbata-bata (mengeja) dan tidak memperhatikan tanda jeda dan intonasi yang tepat serta pembelajaran yang dilaksanakan selama ini hanya terbatas dalam bentuk tes ulang tertulis maupun pertanyaan lisan yang hanya mengukur pemahaman siswa dengan hafalan saja. Sehingga tingkat efektifitas program pembelajaran yang dilaksanakan selama ini masih rendah dalam men ingkatkan belajar siswa. Dan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa sebelurn menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving yaitu 68,22 %, setelah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik problem solving hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,31 % pada siklus I dan 80,75 % pada siklus II.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Alfin, Jauharoti
alfin@uinsby.ac.id
2006067301
Uncontrolled Keywords: Membaca nyaring; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:19
Last Modified: 27 Sep 2021 03:19
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item
View Item