Aliran dan pemikiran pendidikan Islam

Arifin, Nur and Wahid B, Eko and Prayugo, Indra and Masruchan, Masruchan and Siraj, Taufiq and Raisah, Raisah (2018) Aliran dan pemikiran pendidikan Islam. Dwiputra Pustaka Jaya Sidoarjo. ISBN 978-602-6604-37-8

[thumbnail of Nur Arifin dkk_Aliran dan Pemikiran Pendidikan Islam.pdf] Text
Nur Arifin dkk_Aliran dan Pemikiran Pendidikan Islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian aliran dan pemikiran pendidikan Islam merupakan salah satu kajian yang menarik untuk dipelajari, karena kajian ini akan mengantarkan pada pembaca bagaimanan mengidentifikasi corak pemikiran para tokoh Islam dalam membaingkai keilmuannya. Corak atau aliran pemikiran dapat dibedakan pertama, Akademik-Skolastik: yang meliputi tradisional (perennialisme, essensialisme, idealisme, realism dan progressif (progressivisme, eksistensialisme, rekonstruksionisme. Kedua Religius-Theistik: Islam, Hindu, Budha, Kristen, Cong Hu Chu. Ketiga Sosial-Politik: Humanisme, nasionalisme, liberalisme, Sekularisme, Fasisme, Sosialisme.Corak atau aliran tersebut tidak terlepas dari siapa yang mempengaruhi kehidupan para tokoh, temasuk guru, orang tua, dan lingkungan. Pengaruh tersebut dipengaruhi juga oleh dimana mereka lahir dan tinggal secara geografis. Para tokoh mengembangkan sisi keilmuan melalui banyak pendekatan.Dalam konteks pemikiran pendidikan Islam, aliaran-alirann dalam Islam secara garis besarnya adalah tasawuf, politik, hukum, filsafat dan teologi. Masing-masing dari pembagian aliran-aliran tersebut terbagi-terbagi lagi menjadi beberapa bagian

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
NIDN
Arifin, Nur
-
-
Wahid B, Eko
-
-
Prayugo, Indra
-
-
Masruchan, Masruchan
-
-
Siraj, Taufiq
taufiksiraj@uinsby.ac.id
2002027303
Raisah, Raisah
-
-
Contributors:
Contribution
Name
Email
Editor
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evi_fatimatur@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: Pemikiran pendidikan; Ibn Sina; Ibn Khaldun; al Ghazali; al Faraby; Ibn Rusyd
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Prodi Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 24 Sep 2021 01:53
Last Modified: 24 Mar 2022 04:35
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item
View Item