Kusaeri, Kusaeri (2016) Sikap, harapan, dan persepsi siswa pada Matematika serta implikasinya terhadap kemampuan regulasi diri. Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (2). pp. 114-121. ISSN 1412-0917
Kusaeri_Sikap, Harapan, dan Persepsi siswa terhadap Matematika.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam penelitian ini, kami menyusun sebuah model teoritis dan juga menguji secara empiris hubungan antara sikap, harapan, dan persepsi terhadap matematika dengan kemampuan regulasi diri siswa. Data sikap, harapan, persepsi, dan kemampuan regulasi diri siswa diperoleh melalui angket kepada 104 siswa kelas 8 di salah satu SMP Negeri di Surabaya Barat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui software Lisrel versi 9.2 untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel yang diuji. Pemodelan teoritis menunjukkan bahwa harapan dan persepsi berpengaruh langsung pada kemampuan regulasi diri siswa sementara sikap berperan sebagai variabel antara. Nilai kontribusi masing-masing variabel menunjukkan perbedaan tingkat keterkaitan. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa sikap dan persepsi berpengaruh secara langsung pada kemampuan regulasi diri siswa, sedangkan harapan tidak berpengaruh langsung. Hubungan antara harapan dan persepsi dengan sikap siswa terhadap matematika dite-gaskan dalam hasil pengujian empiris yang dengan jelas menunjukkan bahwa harapan dan persepsi berkon-tribusi terhadap sikap siswa terhadap matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Kusaeri, Kusaeri kusaeri@uinsby.ac.id 2006077202 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap; harapan; perception; regulasi diri dalam belajar; pembelajaran matematika |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 03:37 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 03:37 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1139 |