Aliran dan paradigma pemikiran pendidikan agama Islam kontemporer

Rusydiyah, Evi Fatimatur (2019) Aliran dan paradigma pemikiran pendidikan agama Islam kontemporer. UIN Sunan Ampel Press Surabaya. ISBN 978-602-332-116-2

[thumbnail of Evi Fatimatur Rusydiyah_Aliran dan Paradigma Pemikiran Pendidikan Agama Islam Kontemporer.pdf] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah_Aliran dan Paradigma Pemikiran Pendidikan Agama Islam Kontemporer.pdf

Download (6MB)

Abstract

Buku ini disajikan dengan mengkalisifikasikan aliran dan paradigma pendidikan Agama Islam berdasarkan tiga kategori- sasi. Kategori-kategori tersebut adalah Akademik-Skolastik, Religius-Theistik, dan Sosial-Politik. Ketiga kategori tesebut sebagai akibat dari corak atau pengaruh dari agama dan aliran- aliran filsafat yang menjadi background dari para penulis. Kategori akademik skolastik dipengaruhi oleh dua aliran besar yaitu Tradisional yang terdiri dari aliran perennialisme, idealisme, essensialisme, realisme dan aliran progressif yang terdiri dari eksistensialisme, progressivisme, dan rekonstruk- sionisme. Sedangkan religius theistik dipengaruhi oleh ajaran-ajaran Islam. Adapun aliran sosial-politik dipangaruhi oleh faham Humanisme, nasionalisme, liberalisme, Sekularisme, Fasisme, dan Sosialisme.

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
NIDN
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evi_fatimatur@yahoo.com
2027127301
Uncontrolled Keywords: Aliran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:32
Last Modified: 17 Sep 2021 02:32
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item
View Item