A'la, Abd (2016) Strategi Pesantren menuju Pendidikan Internasional. In: Pendidikan Islam: memajukan umat dan memperkuat kesadaran bela negara. [["eprint_typename_article_in_book" not defined]]
Abd A'la_Strategi Pesantren Menuju Pendidikan Internasional.pdf
Download (3MB)
Abstract
Mengangkat signifikansi peran pondok pesantren dalam pembentukan dan pengembangan pendidikan, khususnya pendidikan Islam, di Indoneisa nyaris tidak perlu diperdebatkan dan diragukan lagi. Jauh sebelum Indonesia merdeka, isntitusi yang dibidani oleh para ulama (kiai) ini hadir di bumi Nusantara. Sejarah yang dilalui memperlihatkan bahwa pesantren bukan sekadar mampu menjaga kebertahanan dari terpaan zaman, tapi juga dapat merawat perkembangannya yang terus meningkat dari saat ke saat. Menurut data yang ada, lembaga ini pertama kali didirikan, khususnya di tanah Jawa, pada abad ke-15 oleh Maulana Malik Ibrahim (salah satu wali songo tertua) dan kemudian ditumbuhkembangkan oleh para wali songo yang lain. Pada akhir abad ke-19, jumlah pesantren di Jawa berkembang mencapai 300 buah (Mastuki, 2010:70), dan pada tahun 2012 berjumlah 27.230.
Item Type: | ["eprint_typename_article_in_book" not defined] |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN A'la, Abd abdalabs@uinsby.ac.id 2005095701 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Pendidikan Pesantren; Pendidikan Internasional |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 09:04 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 09:04 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/948 |