Manajemen kesiswaan dalam meningkatan kualitas peserta didik melalui program Karya Tulis Ilmiah

Ichsani, Ilyas and Pamungkas, Bayu Candra and Subty, Taufik and Wahyudin, Anton (2021) Manajemen kesiswaan dalam meningkatan kualitas peserta didik melalui program Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3 (1). pp. 29-48. ISSN 2776-2017; 2776-2424

[thumbnail of Taufiq Subty_Manajemen kesiswaan dalam meningkatan kualitas peserta didik.pdf] Text
Taufiq Subty_Manajemen kesiswaan dalam meningkatan kualitas peserta didik.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (608kB)

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan seluruh kegiatan pembinaan dan pengembangan peserta didik yang dilaksanakan secara kontinu untuk menumbuhkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler. Program karya tulis ilmiah merupakan salah satu program dalam ranah kesiswaan yang dibuat dan dijalankan untuk melatih dan mengembangkan para peserta didik dalam melaksanakan penelitian dan penulisan suatu karangan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah; dan (3) peningkatan kualitas peserta didik dengan adanya program karya tulis ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) atau penelitian kualitatif. Sasaran penelitian (subjek penelitian) ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, dan guru yang menjadi pembimbing dan penguji Karya Tulis Ilmiah di MA Muhammadiyah 9 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah terdiri dari empat tahap, yakni perencaaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah diantaranya adalah faktor siswa, faktor pembimbing, dan faktor fasilitas madrasah; (3) peningkatan kualitas siswa dengan adanya program karya tulis ilmiah dapat dilihat dari pengembangan penalaran peserta didik, terbentuknya mental peserta didik, dan penguasaan teknologi oleh peserta didik.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Ichsani, Ilyas
-
-
Pamungkas, Bayu Candra
bayuchand24@gmail.com
-
Subty, Taufik
taufiq_subty@yahoo.com
2004065501
Wahyudin, Anton
-
-
Uncontrolled Keywords: Manajemen kesiswaan; kualitas peserta didik; karya tulis ilmiah
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011005 Research Buildings
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:31
Last Modified: 26 Aug 2021 07:31
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item
View Item