Analisis historis kebijakan pendidikan Islam Kementerian Agama RI masa KH.A. Wahid Hasyim

Rusydiyah, Evi Fatimatur (2017) Analisis historis kebijakan pendidikan Islam Kementerian Agama RI masa KH.A. Wahid Hasyim. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 2 (1). pp. 1-31. ISSN 2088-1886; 2580-0663

[thumbnail of Evi Fatimatur Rusydiyah_Analisis historis kebijakan pendidikan Islam Kementerian Agama RI masa KH.A.Wahid Hasyim.pdf] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah_Analisis historis kebijakan pendidikan Islam Kementerian Agama RI masa KH.A.Wahid Hasyim.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB)

Abstract

Lingkup pembahasan tulisan ini pada kebijakan pendidikan Islam di Indonesia, baik konsep ataupun praksis. Sebagai fondasi, maka penulis meninjau pemikiran dan kebijakan KH.A.Wahid Hasyim ketika menjadi Menteri Agama. Politik pendidikan Islam dalam pandangan Kiai Wahid ini akan disandingankan dengan kajian historis, mulai zaman kolonial, kemerdekaan dan revolusi, orde baru hingga reformasi. Dalam konteks sejarah, terdapat perubahan sistem pemerintahan di Indonesia - yang berimplikasi terhadap dinamika pendidikan Islam. Perubahan pemerintahan, pemimpin, sistem akan diiringi perubahan dalam pengambilan kebijakan. Kemudian dalam kurun waktu yang sangat panjang, kita ketahui bahwa pada masa revolusi mulai diberikan arah yang jelas mengenai pendidikan Islam. Ini terbukti dengan pemerintah membentuk Departemen Agama sebagai wadah untuk mereformulasi kebijakan dan penentu arah juang misi ajaran Islam. Dalam perkembangan berbangsa dan bernegara, politik sebagai kebijakan telah melahirkan pembaharuan dalam dunia pendidikan Islam. Core idea yang dapat penulis jabarkan adalah kebijakan tentang politik pendidikan Islam pada masa KH.A.Wahid Hasyim sebagai tokoh pendidikan sekaligus Menteri Agama yakni diterapkannya konsep modern dengan desain kurikulum baru di lembaga pendidikan Islam (seperti pesantren dan madrasah). Selanjutnya Kiai Wahid menghilangkan dikotomi dalam dunia pendidikan, sehingga terjadi sitesa dan integrasi antara pendidikan Islam dengan pendidikan umum. Untuk mengembangkan konsep ini, maka dikeluarkan beberapa kebijakan, yang di antaranya adalah penggunaan bahasa Indonesia di madrasah dan berdirinya IAIN Jakarta sebagai wadah pengembangan kelimuan yang terintegrasi.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evi_fatimatur@yahoo.com
2027127301
Uncontrolled Keywords: KH.A. Wahid Hasyim; kebijakan; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160603 Comparative Government and Politics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:43
Last Modified: 27 Aug 2021 18:58
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item