Layanan bimbingan kelompok melalui teknik Sosiodrama untuk membantu siswa terisolasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Surabaya

Shalahuddin, Mahfudh and Suyanto, Suyanto (2014) Layanan bimbingan kelompok melalui teknik Sosiodrama untuk membantu siswa terisolasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Surabaya. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 4 (4). pp. 149-174. ISSN 2088-9305; 2777-0532

[thumbnail of Mahfudh Shalahuddin_Layanan bimbingan kelompok melalui teknik Sosiodrama.pdf] Text
Mahfudh Shalahuddin_Layanan bimbingan kelompok melalui teknik Sosiodrama.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)

Abstract

Ada banyak tekhnik yang disedikan dalam teori konseling untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh siswa di sekolah. Salah satunya adalah sosiodrama. Sosiodrama berarti sebuah pendekatan yang mengedepankan aspek peran siswa dalam proses pembelajaran (baca: konseling). Tulisan ini adalah penelitian tentang kelebihankelebihan yang diasumsikan berasal tekhnik sosiodrama; yaitu menghilangkan kejenuhan siswa di tempat yang terisolasi di lingkungan sekolah. Hasil penelitian penulis di SMP 13 Surabaya menyebutkan bahwa; pertama, sosiodrama cukup membantu siswa yang terisolasi, dari 147 siswa yang diteliti hanya ada 17 yang merasa tidak ada dampak metode ini. Kedua, sosiodrama ini membantu siswa berinteraksi sesama siswa dengan baik tanpa batasan-batasan tertentu. Mereka cukup leluasa bergurau, bercanda, dan berdiskusi sesama siswa untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan yang disebabkan oleh isoalasi yang diperlakukan oleh sekolah

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Shalahuddin, Mahfudh
-
195406061982031007
Suyanto, Suyanto
-
-
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; teknik Sosiodrama
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052707 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - al-Masruhiyah (Drama, Play)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:48
Last Modified: 26 Aug 2021 03:48
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item
View Item