Shalahuddin, Mahfudh and Suyanto, Suyanto (2014) Layanan bimbingan kelompok melalui teknik Sosiodrama untuk membantu siswa terisolasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Surabaya. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 4 (4). pp. 149-174. ISSN 2088-9305; 2777-0532
Mahfudh Shalahuddin_Layanan bimbingan kelompok melalui teknik Sosiodrama.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (212kB)
Abstract
Ada banyak tekhnik yang disedikan dalam teori konseling untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh siswa di sekolah. Salah satunya adalah sosiodrama. Sosiodrama berarti sebuah pendekatan yang mengedepankan aspek peran siswa dalam proses pembelajaran (baca: konseling). Tulisan ini adalah penelitian tentang kelebihankelebihan yang diasumsikan berasal tekhnik sosiodrama; yaitu menghilangkan kejenuhan siswa di tempat yang terisolasi di lingkungan sekolah. Hasil penelitian penulis di SMP 13 Surabaya menyebutkan bahwa; pertama, sosiodrama cukup membantu siswa yang terisolasi, dari 147 siswa yang diteliti hanya ada 17 yang merasa tidak ada dampak metode ini. Kedua, sosiodrama ini membantu siswa berinteraksi sesama siswa dengan baik tanpa batasan-batasan tertentu. Mereka cukup leluasa bergurau, bercanda, dan berdiskusi sesama siswa untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan yang disebabkan oleh isoalasi yang diperlakukan oleh sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Shalahuddin, Mahfudh - 195406061982031007 Suyanto, Suyanto - - |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok; teknik Sosiodrama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052707 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - al-Masruhiyah (Drama, Play) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:48 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/784 |