Hadi, Warsito (2016) Kritik penilaian menurut perspektif Standar Nasional Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9 (2). pp. 164-173. ISSN 2087-4820; 2579-8995
Warsito Hadi_Kritik penilaian menurut perspektif Standar Nasional Pendidikan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (130kB)
Abstract
Standar penilaian merupakan salah satu bagian dari Standar Nasional Pendidikan (SNP) tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karenanya, setiap pendidik harus memahami landasan yuridis maupun filosofis yang melatarbelakangi munculnya standar penilaian, mekanisme, dan prosedur evaluasi. Termasuk dalam hal tersebut, bagaimana pendidik menetapkan indikator keberhasilan pembelajaran dan merancang pengalaman belajar siswa. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian merupakan bagian dari evaluasi. Penilaian mempunyai arti yang seringkali tertukar dengan istilah tes, karena pemakaian kedua istilah ini tidak mengandung arti evaluasi meliputi dua hal yaitu menilai dan mengukur. Menilai berasal dari kata nilai. Sedang pengukuran mengacu pada hal yang membandingkan sesuatu hal dengan satu ukuran tertentu, sehingga sifatnya kuantitatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Hadi, Warsito warsitohadi@uinsby.ac.id 9990086650 |
Uncontrolled Keywords: | Penilaian; evaluasi; tes; standar nasional; kurikulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:41 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 13:41 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/755 |