Asrohah, Hanun (2011) Pesantren dalam dialog dan integrasi: sejarah pesantren dalam pengembangan pendidikan Islam. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 1 (2). pp. 36-52. ISSN 2088-9305; 2777-0532
Hanun Asrohah_Pesantren dalam dialog dan integrasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
esantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang identik dengan ke-hlam-an juga merupakan fenomena indegerwus atau identik dengan kcaslian budaya Indonesia. Sistem pendidikanpesantren merupakan pembauran dita sistem pendidikan, yaitu Islam di Timur Tengah dan Hindu-Buda di Indonesia. Interaksi antara Muslim Timur Tengah dan masyarakat Hindu-Buda di Indonesia melalui jalur perdagangan, berlanjut dengan terjadinya kontak budaya secara intern yang berakibat pada penyerapan budaya asing ke dalam budaya setempat dan dapat melahirkan budaya baru. Kehadiran pesantren sebagai lembaga pendidikan dan sosialkeagamaan di Jawa merupakan hasil penyerapan tradisi pendidikan Islam di Timur Tengah yang berpadu dengan troilisi pendidikan Hirtdu-Budha. Ferbedaan budaya antara Islam dan Hindu-Budha sedikit demi sedikit memudar dan masing-masing berubah sifatnya yang khas menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran yang terwujud dalam sistem pendidikan pesantren.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Asrohah, Hanun hanunasrohah@uinsby.ac.id 2010046801 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem pendidikan pesantren; integrasi budaya; lembaga pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 03:29 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 03:29 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/687 |