Pesantren dalam dialog dan integrasi: sejarah pesantren dalam pengembangan pendidikan Islam

Asrohah, Hanun (2011) Pesantren dalam dialog dan integrasi: sejarah pesantren dalam pengembangan pendidikan Islam. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 1 (2). pp. 36-52. ISSN 2088-9305; 2777-0532

[thumbnail of Hanun Asrohah_Pesantren dalam dialog dan integrasi.pdf] Text
Hanun Asrohah_Pesantren dalam dialog dan integrasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

esantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang identik dengan ke-hlam-an juga merupakan fenomena indegerwus atau identik dengan kcaslian budaya Indonesia. Sistem pendidikanpesantren merupakan pembauran dita sistem pendidikan, yaitu Islam di Timur Tengah dan Hindu-Buda di Indonesia. Interaksi antara Muslim Timur Tengah dan masyarakat Hindu-Buda di Indonesia melalui jalur perdagangan, berlanjut dengan terjadinya kontak budaya secara intern yang berakibat pada penyerapan budaya asing ke dalam budaya setempat dan dapat melahirkan budaya baru. Kehadiran pesantren sebagai lembaga pendidikan dan sosialkeagamaan di Jawa merupakan hasil penyerapan tradisi pendidikan Islam di Timur Tengah yang berpadu dengan troilisi pendidikan Hirtdu-Budha. Ferbedaan budaya antara Islam dan Hindu-Budha sedikit demi sedikit memudar dan masing-masing berubah sifatnya yang khas menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran yang terwujud dalam sistem pendidikan pesantren.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Asrohah, Hanun
hanunasrohah@uinsby.ac.id
2010046801
Uncontrolled Keywords: Sistem pendidikan pesantren; integrasi budaya; lembaga pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:29
Last Modified: 12 Aug 2021 03:29
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item
View Item