Taufik, Taufik and Indarwati, Desy and Ahmad, Muhammad Syahru and Reni, Wulandari (2021) Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I: observasi persekolahan dan pengenalan budaya sekolah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Taufik_Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I Observasi Persekolahan dan Pengenalan Budaya Sekolah.pdf
Download (1MB)
Abstract
Merujuk pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, pada Program Sarjana Pendidikan, praktik di lapangan diwujudkan dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang.
Sebagaimana dinyatakan pada Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 Pasal 1 butir 8, PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) secara umum dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan 4 kompetensi kualifikasi guru yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan personal. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka kegiatan PLP didesain secara berkelanjutan, yakni PLP I dan PLP II. PLP I sendiri terbagi dalam kegiatan Observasi Persekolahan & Pengenalan Budaya Sekolah dan microteaching di laboratorium.
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) – Observasi Persekolahan & Pengenalan Budaya Sekolah merupakan tahapan pertama dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Kegiatan ini mencakup observasi struktur organisasi dan tata kerja di sekolah, pembelajaran, kultur sekolah, dan pelibatan aktivitas pendidikan di sekolah. Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk empat kompetensi yang dipersyaratkan bagi calon guru profesional, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensisosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional. Kegiatan PLP I akan dilengkapi dengan microteaching yaitu kegiatan untuk menerapkan berbagai teori kependidikan melalui latihan mengajar secara terbimbing dan terpadu dalam kelompok kecil di hadapan teman-teman sendiri, dan atau beberapa siswa yang dihadirkan untuk kepentingan tersebut.
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) – Observasi Persekolahan & Pengenalan Budaya Sekolah tahun 2021 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Meskipun demikian kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring di madrasah/sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Taufik, Taufik taufiksiraj@uinsby.ac.id 197302022007011040 Indarwati, Desy desyindarwati@uinsby.ac.id 198912282015032008 Ahmad, Muhammad Syahru Syahruahmad@uinsby.ac.id 199003312015031003 Reni, Wulandari reniwulandari@uinsby.ac.id 198804202015032009 |
Contributors: | Contribution Name Email Other Mas’ud, Ali UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Sekolah; Budaya Sekolah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Karya Ilmiah > Pedoman |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 10:08 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 10:12 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/63 |