Fahmi, Muhammad Izzul and Zuheri, Ahmad Ardian and Kholis, Nur (2024) Transformasi perdagangan global: pengaruh perdagangan digital, dinamika Rantai Nilai Global (GVC), dan Geopolitik. AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 12 (2). pp. 237-252. ISSN 2407-6600
Zuheri Transformasi Perdagangan Global.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (213kB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana perdagangan global telah berkembang di tengah kemajuan teknologi dan dinamika geopolitik yang kompleks, dengan fokus pada perdagangan digital, rantai nilai global (Global Value Chains atau GVC), dan perubahan geopolitik. Pertanyaan utama yang diangkat adalah: bagaimana tiga faktor ini saling mempengaruhi dan membentuk ulang perdagangan global? Latar belakang masalah ini didasarkan pada pengamatan bahwa sementara teknologi terus mendorong integrasi ekonomi global, ketegangan geopolitik dan dinamika GVC sering kali menciptakan tantangan baru bagi stabilitas perdagangan. Penelitian ini menempatkan diri dalam kerangka analisis yang menggabungkan studi literatur terkini dengan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi hubungan antara perdagangan digital, GVC, dan geopolitik. Pendekatan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan bagaimana ketiga faktor tersebut mempengaruhi struktur dan pola perdagangan global saat ini. Hasil diskusi menunjukkan bahwa perdagangan digital telah secara signifikan mengubah cara produk dan jasa diperdagangkan, sementara dinamika GVC dan perubahan geopolitik memberikan tantangan baru, terutama terkait dengan kebijakan proteksionis dan konflik internasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun perdagangan digital mendorong efisiensi, stabilitas perdagangan global tetap sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor geopolitik dan dinamika GVC. Kontribusi utama dari artikel ini adalah memberikan wawasan yang komprehensif tentang bagaimana interaksi antara teknologi, GVC, dan geopolitik membentuk masa depan perdagangan global, serta menawarkan perspektif baru yang dapat menjadi referensi bagi pembuat kebijakan dan akademisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Fahmi, Muhammad Izzul fahmiizoel99@gmail.com UNSPECIFIED Zuheri, Ahmad Ardian ahmadardianzuheri@gmail.com UNSPECIFIED Kholis, Nur nurkholis@uinsa.ac.id UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Perdagangan global; perdagangan digital; Geopolitik dan Rantai Nilai Global (GVC) |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150308 International Business 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis ISlam |
Depositing User: | Dr. Nur Kholis |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:11 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3458 |