Sahri, Iksan Kamil (2024) Akselerasi Kualitas Pendidikan di Indonesia. Sindo News.
Iksan K Sahri_Akselerasi Kualitas Pendidikan di Indonesia.pdf
Download (4MB)
Abstract
Persoalan pendidikan Indonesia dalam beberapa dasawarsa terakhir ini adalah bahwa para siswa belajar ilmu pengetahuan sebagai produk tanpa ia tahu untuk apa ia belajar pengetahuan itu dan tanpa pengetahuan tentang bagaimana nalar produk pengetahuan itu dibangun. Dengan kata lain, pengetahuan yang diajarkan cenderung tercerabut dari cara berpikir saintifik. Akibatnya pengetahuan yang mereka pelajari menjadi pengetahuan yang cenderung tak tahu untuk apa ia diajarkan. Kini di abad ke-21 ini, banyak pihak di Indonesia mulai sadar bahwa cara belajar siswa kita harus diubah dari sekadar menerima pengetahuan sebagai produk berubah menjadi belajar sebagai cara berpikir, belajar sebagai sebuah cara pandang, belajar untuk memperoleh kemampuan analisis dan mengkontekskan pengetahuan yang kita pelajari dengan dunia nyata sebagai sebuah keniscayaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Sahri, Iksan Kamil iksankamil.sahri@uinsa.ac.id 2109078301 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Mutu Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Mass Media |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 22:31 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 22:31 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3451 |