Mengukur Peradaban Kitab Kuning di Indonesia

Sahri, Iksan Kamil (2023) Mengukur Peradaban Kitab Kuning di Indonesia. NUOnline.

[thumbnail of Iksan K Sahri_Mengukur Peradaban Kitab Kuning di Indonesia.pdf] Text
Iksan K Sahri_Mengukur Peradaban Kitab Kuning di Indonesia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pasca kemerdekaan, desain kurikulum di Indonesia memang mengarah ke pemakaian huruf latin dan pengetahuan-pengetahuan umum. Tapi di sisi lain, pesantren yang sudah establish sejak sebelum Indonesia merdeka, memiliki tradisi yang lekat dengan penguasaan khazanah keilmuan keislaman yang diwariskan dari generasi ke generasi. Yakni melalui transmisi pengetahuan yang diajarkan melalui kitab kuning. Istilah kitab kuning sendiri adalah istilah yang khas pesantren untuk menyebut kitab-kitab bertuliskan Arab yang dipelajari di pesantren baik itu yang ditulis oleh ulama luar ataupun oleh ulama Nusantara. Kitab-kitab ini juga seringkali disebut sebagai kitab turast atau kitab tradisi. Kitab ini di tengah himpitan kurikulum yang berjibun di pesantren melalui berbagai lembaga pendidikan yang ada di dalamnya tetap lestari dan bertahan.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Sahri, Iksan Kamil
iksankamil.sahri@uinsa.ac.id
2109078301
Uncontrolled Keywords: Kitab Kuning; Pesantren; NU
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Mass Media
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 19 Aug 2024 22:22
Last Modified: 19 Aug 2024 22:22
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item
View Item