Sahri, Iksan Kamil (2023) Mengukur Peradaban Kitab Kuning di Indonesia. NUOnline.
Iksan K Sahri_Mengukur Peradaban Kitab Kuning di Indonesia.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pasca kemerdekaan, desain kurikulum di Indonesia memang mengarah ke pemakaian huruf latin dan pengetahuan-pengetahuan umum. Tapi di sisi lain, pesantren yang sudah establish sejak sebelum Indonesia merdeka, memiliki tradisi yang lekat dengan penguasaan khazanah keilmuan keislaman yang diwariskan dari generasi ke generasi. Yakni melalui transmisi pengetahuan yang diajarkan melalui kitab kuning. Istilah kitab kuning sendiri adalah istilah yang khas pesantren untuk menyebut kitab-kitab bertuliskan Arab yang dipelajari di pesantren baik itu yang ditulis oleh ulama luar ataupun oleh ulama Nusantara. Kitab-kitab ini juga seringkali disebut sebagai kitab turast atau kitab tradisi. Kitab ini di tengah himpitan kurikulum yang berjibun di pesantren melalui berbagai lembaga pendidikan yang ada di dalamnya tetap lestari dan bertahan.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Sahri, Iksan Kamil iksankamil.sahri@uinsa.ac.id 2109078301 |
Uncontrolled Keywords: | Kitab Kuning; Pesantren; NU |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Mass Media |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 22:22 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 22:22 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3449 |