Sahri, Iksan Kamil (2023) Mendidik Masa Depan. Detik.com.
Iksan K Sahri_Mendidik Masa Depan.pdf
Download (3MB)
Abstract
Bila kita ingin menilai kualitas pendidikan kita di Indonesia secara objektif, ada baiknya kita menengok posisi kita di hadapan negara lain di dunia. Sebutlah misalnya melalui penilaian Program for International Students Assessment (PISA) yang mencakup 600.000 anak berusia 15 tahun dari 79 negara yang menilai "kemampuan literasi membaca, matematika, dan sains". PISA diselenggarakan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) setiap tiga tahun. Selain PISA, terdapat pula Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang menilai pengetahuan matematika dan sains bagi siswa kelas 4 dan 8 di seluruh dunia. TIMMS diselenggarakan oleh Asosiasi Internasional untuk Evaluasi Prestasi Pendidikan untuk pembandingan prestasi pendidikan di dunia setiap empat tahun dan dimulai sejak 1995. Dalam rilis yang dilakukan, skor PISA Indonesia pada tahun 2018 berada di peringkat 74 dari 79 negara, di TIMSS 2007, Indonesia berada di urutan 36 dari 49 negara yang diasesmen. Keduanya menyatakan bahwa Indonesia berada di kelompok 10 terbawah.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Sahri, Iksan Kamil iksankamil.sahri@uinsa.ac.id 2109078301 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Prestasi Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Mass Media |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 22:18 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 22:39 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3448 |