Fauzi, Muhammad and Thohir, Muhammad (2020) Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk meningkatkan maharah al-kitabah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9 (2). pp. 226-240. ISSN 2303-260X; 2579-8456
Muhammad Thohir_Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk meningkatkan maharah al-kitabah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (984kB)
Abstract
Problematika yang terjadi di kalangan peserta didik sering mengalami kesulitan Ketika menulis huruf huruf arab yang baik dan benar ini terjadi dikarenakan Ketika proses menulis tidak ada penekanan dari pengajar kepada peserta didik dan juga karena didalam menulis memilki hubungan antara proses berfikir dan proses expesif keindahan, Materi keterampilan menulis (maharah al-kitabah) diberikan agar siswa dapat membentuk alphabet dan mengeja. Selain itu, juga dapat membantu siswa dalam menyalurkan fikiran dan perasaan melalui tulisan. Meningkatkan maharah al-kitabah terdapat beberapa macam teknik salah satu adalah khat (kaligrafi). Khat merupakan proses menulis rapi, keindahan, sehingga dalam pembelajaran khat peserta didik tidak hanya menulis menulis huruf dan membentuk kata serta kalimat saja, tetapi juga menyentuh aspek estetika atau keindahan, sehingga membuat mereka nyama dan betah untuk terus menulis Oleh karena itu, tujuan pembelajaran khat adalah agar para peserta didik terampil menulis huruf-huruf dan kalimat bahasa Arab dengan benar dan indah. Metode pembelajaran yang cocok untuk kaligrafi yautu metode demonstrasi, metode menjiplak, metode ceramah, metode penugasan dan metode drill.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Fauzi, Muhammad muhammadfauzi143@gmail.com - Thohir, Muhammad muhammadthohir@uinsby.ac.id 2025077402 |
Uncontrolled Keywords: | Kaligrafi; Keterampilan Menulis; Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 14:59 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 23:30 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/337 |