Pengembangan Iptek dalam tinjauan hukum Islam

Dwijo, Al Quddus Nofiandri Eko Sucipto (2014) Pengembangan Iptek dalam tinjauan hukum Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 144-166. ISSN 2527-4511

[thumbnail of Al Quddus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo_artikel_Pengembangan Iptek.pdf] Text
Al Quddus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo_artikel_Pengembangan Iptek.pdf

Download (188kB)

Abstract

Islam sangat mendukung umatnya untuk menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Dalam hal pengembangan Iptek, umat Islam dapat mempelajarinya dari orang-orang no-Islam, disamping juga dapat mengembangkan Iptek dari spirit ajaran Islam sendiri. Oleh karena produk keilmuan yang datang dari orang-orang non-Islam –secara umum- bersifat sekuleristik, maka setelah dipelajari, sebelum diadopsi dan diterpkan di dunia Islam, penting untuk terlebih dahulu diberikan nilainilai keislaman, agar tidak bertentangan dengan ajaranajaran hukum Islam. Ajaran hukum Islam secara normatif dan empirik sangat memulyakan orang-orang yang beriman dan berilmu dengan beberapa derajat. Dalam ajaran hukum Islam, ditegaskan bahwa tidak sama antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu. Orang yang berilmu jelas lebih baik dan lebih utama daripada orang yang tidak berilmu. Dengan demikian, pengembagan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ragam modelnya (misal dengan bahasa Islamisasi Iptek) sangat dianjurkan oleh ajaran hukum Islam.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Dwijo, Al Quddus Nofiandri Eko Sucipto
UNSPECIFIED
197311162007101001
Uncontrolled Keywords: Ilmu; Islamisasi ilmu; hukum Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 15 May 2024 08:04
Last Modified: 15 May 2024 08:04
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item
View Item