Santosa, Nyong Eka Teguh Iman (2023) Edo Tensei pembelajaran sejarah. Jurnal Sejarah Indonesia, 6 (1). pp. 64-73. ISSN 2621-1580
32600-Article Text-105805-2-10-20240121.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (320kB)
Abstract
Tulisan ini menyoroti urgensi epistemologi profetik dalam pembelajaran sejarah. Tanpa mengabaikan kontribusi corak pembelajaran yang menekankan pengertian sejarah sebagai upaya ilmiah untuk menemukan fakta kebenaran di masa lalu, epistemologi profetik bisa memperkuat relevansinya sebagai sesuatu yang tetap dan selalu akan dibutuhkan dalam pendidikan. Melalui pendekatan reflektif terhadap cerita anime Naruto yang mengenalkan kinjutsu Edo Tensei, isu utama dianalisis dengan beberapa kerangka filosofi sejarah. Elaborasi konseptual juga dilakukan melalui kontemplasi atas beberapa ayat sejarah dalam al-Qur’an, yaitu surah al-Hasyr ayat 18, Yusuf 111, dan al-Rum 9. Disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah seharusnya mampu mengaktifkan kesadaran profetik pebelajar bahwa sejarah adalah pembacaan kritis atas peristiwa masa lalu sekaligus penghayatan transformatif atas masa sekarang dengan tidak mengabaikan tanggung jawab etis.