Edo Tensei pembelajaran sejarah

Santosa, Nyong Eka Teguh Iman (2023) Edo Tensei pembelajaran sejarah. Jurnal Sejarah Indonesia, 6 (1). pp. 64-73. ISSN 2621-1580

[thumbnail of 32600-Article Text-105805-2-10-20240121.pdf] Text
32600-Article Text-105805-2-10-20240121.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB)

Abstract

Tulisan ini menyoroti urgensi epistemologi profetik dalam pembelajaran sejarah. Tanpa mengabaikan kontribusi corak pembelajaran yang menekankan pengertian sejarah sebagai upaya ilmiah untuk menemukan fakta kebenaran di masa lalu, epistemologi profetik bisa memperkuat relevansinya sebagai sesuatu yang tetap dan selalu akan dibutuhkan dalam pendidikan. Melalui pendekatan reflektif terhadap cerita anime Naruto yang mengenalkan kinjutsu Edo Tensei, isu utama dianalisis dengan beberapa kerangka filosofi sejarah. Elaborasi konseptual juga dilakukan melalui kontemplasi atas beberapa ayat sejarah dalam al-Qur’an, yaitu surah al-Hasyr ayat 18, Yusuf 111, dan al-Rum 9. Disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah seharusnya mampu mengaktifkan kesadaran profetik pebelajar bahwa sejarah adalah pembacaan kritis atas peristiwa masa lalu sekaligus penghayatan transformatif atas masa sekarang dengan tidak mengabaikan tanggung jawab etis.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Santosa, Nyong Eka Teguh Iman
nyongeka@uinsby.ac.id
2022127603
Uncontrolled Keywords: Edo Tensei; epistemologi sejarah; metodologi pembelajaran; paradigma profetik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220107 Professional Ethics (incl. police and research ethics)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220209 History of Ideas
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220210 History of Philosophy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220304 Epistemology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220305 Ethical Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Nyong Eka Teguh Iman Santosa
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:03
Last Modified: 24 Jan 2024 12:35
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item
View Item