Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan islam

Kurjum, Mohammad and Siswanto, Ali Hasan (2019) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6 (2). pp. 298-316. ISSN 2477-667X; 298-316

[thumbnail of Mohammad Kurjum_Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan islam.pdf] Text
Mohammad Kurjum_Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gagasan moderasi agama dalam pendidikan memiliki prinsip moderat dalam setiap lini kehidupan manusia, baik aqidah, ibadah dan muamalah. Moderasi beragama telah digambarkan dalam al-Qur’an sebagai bentuk karakter jujur, opend mind, luwes, terintegrasi, holistic dan universal. Karakter iniah yang harus dibentuk oleh pendidikan Islamdi Indonesiaterhadap semua anak didikan dengan dasar materi keIslaman. Semua materi pendidikan Islamdiatas disajikan dengan cara dan teknik yang menjunjung tinggi nilai dan prinsip-prinsip moderasi beragama sehingga menumbuhkan karakter dan pribadi yang memiliki keluwesan, cinta kasih, pluralis, kepedulian dan mampu berlaku adil dan tengah-tengah dalam menghadapi setiap masalah yang datang dan semakin banyak generasi pluralitas yang saling menghargai perbedaan, cinta keberagaman dalam keberagamaan sehingga Indonesiamenjadi Negara yang Baldatun Thoyyibatun WaRabbunGhafur.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Kurjum, Mohammad
mkurjum@uinsby.ac.id
2002096902
Siswanto, Ali Hasan
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi beragama; pendidikan islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: desiana ekasari
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:55
Last Modified: 02 Oct 2023 08:55
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item
View Item