Connecting Spiritual Rational Humanism: the Trend of Religious Moderation in the Modernization of Madrasah

Abu Bakar, M. Yunus (2023) Connecting Spiritual Rational Humanism: the Trend of Religious Moderation in the Modernization of Madrasah. EDUKASIA ISLAMIKA OFFICE, 8 (1). ISSN (ISSN: 2548-723X and E-ISSN: 2548-5822

[thumbnail of M. Yunus Abu Bakar_Connecting Spiritual Rational Humanism.pdf] Text
M. Yunus Abu Bakar_Connecting Spiritual Rational Humanism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (388kB)

Abstract

alasan dalam melakukan pembaruan pendidikan Islam di antaranya melalui modernisasi program unggul oleh MAN Insan Cendekia Pekalongan. Field research menjadi metode penelitian yang dipilih melalui komunikasi interaktif kepada kepala madrasah, unsur pimpinan yaitu waka kesiswaan, waka keasramaan, waka humas dan guru pembimbing riset untuk memperoleh data base dan selanjutnya diolah, divisualkan dan diinterpretasikan. Field research dimaksudkan untuk menemukan connecting spritual rasional dengan modernisasi lima program yang diunggulkan MAN Insan Cendekia Pekalongan. Searching literatur Habibie untuk menganalisa hubungan pemikiran beliau dengan modernisasi program yang dilakukan MAN Insan Cendekia Pekalongan. Modernisasi program dilakukan sebagai kebutuhan civiitas akademika dalam mewujudkan kehidupan yang humanis. Hasil penelitian menemukan ada connecting spritual rasional berupa eksplorasi nilai-nilai moderasi beragama dengan konteks zaman untuk memfasilitasi keberagaman multikultural civitas akademika. Modernisasi lima program yang diunggulkan yaitu madrasah digital, pengembangan bahasa asing, madrasah adiwiyata, madarasah riset dan homestay berbasis nilai-nilai multikultural, toleransi dan kearifan budaya lokal

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Abu Bakar, M. Yunus
elyunusy@uinsby.ac.id
2015036501
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:43
Last Modified: 07 Jul 2023 08:43
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item
View Item