Abu Bakar, M. Yunus (2023) Connecting Spiritual Rational Humanism: the Trend of Religious Moderation in the Modernization of Madrasah. EDUKASIA ISLAMIKA OFFICE, 8 (1). ISSN (ISSN: 2548-723X and E-ISSN: 2548-5822
M. Yunus Abu Bakar_Connecting Spiritual Rational Humanism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (388kB)
Abstract
alasan dalam melakukan pembaruan pendidikan Islam di antaranya melalui modernisasi program unggul oleh MAN Insan Cendekia Pekalongan. Field research menjadi metode penelitian yang dipilih melalui komunikasi interaktif kepada kepala madrasah, unsur pimpinan yaitu waka kesiswaan, waka keasramaan, waka humas dan guru pembimbing riset untuk memperoleh data base dan selanjutnya diolah, divisualkan dan diinterpretasikan. Field research dimaksudkan untuk menemukan connecting spritual rasional dengan modernisasi lima program yang diunggulkan MAN Insan Cendekia Pekalongan. Searching literatur Habibie untuk menganalisa hubungan pemikiran beliau dengan modernisasi program yang dilakukan MAN Insan Cendekia Pekalongan. Modernisasi program dilakukan sebagai kebutuhan civiitas akademika dalam mewujudkan kehidupan yang humanis. Hasil penelitian menemukan ada connecting spritual rasional berupa eksplorasi nilai-nilai moderasi beragama dengan konteks zaman untuk memfasilitasi keberagaman multikultural civitas akademika. Modernisasi lima program yang diunggulkan yaitu madrasah digital, pengembangan bahasa asing, madrasah adiwiyata, madarasah riset dan homestay berbasis nilai-nilai multikultural, toleransi dan kearifan budaya lokal
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Abu Bakar, M. Yunus elyunusy@uinsby.ac.id 2015036501 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:43 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:43 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3192 |