Evaluasi Diri Retrospektif Positif dalam Strategi Motivasi di Kelas EFL Program Studi PBI Ftk UIN Sunan Ampel Surabaya

Soraya, Irma (2019) Evaluasi Diri Retrospektif Positif dalam Strategi Motivasi di Kelas EFL Program Studi PBI Ftk UIN Sunan Ampel Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[thumbnail of Irma Soraya_Evaluasi Diri Retrospektif.pdf] Text
Irma Soraya_Evaluasi Diri Retrospektif.pdf - Submitted Version

Download (18MB)

Abstract

Agar mahasiswa memiliki pencapaian yang baik dalam bahasa Inggrisnya, maka diperlukan adanya motivasi yang baik pula. Sebagai dosen, perlu memiliki cara mengajar sekaligus juga cara memotivasi mahasiswanya dalam belajar bahasa Inggris. Strategi motivasi memiliki empat dimensi atau fase, yaitu menciptakan kondisi dasar motivasi, menumbuhkan motivasi awal, menjaga dan mempertahankan motivasi, dan mendorong evaluasi diri retrospektif positif. Penelitian ini ini bertujuan untuk menggali strategi motivasi yang dilakukan oleh dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris di kelas EFL di Faktultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yang berfokus pada fase keempat yaitu pendorongan evaluasi diri retrospektif positif.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif didasarkan pada jenis data yang dikumpulkan, cara pengolahan data, dan juga cara untuk mempresentasikan data. Ada dua orang dosen prodi PBI FTK yang dilibatkan sebagai subjek dalam penelitian ini. Terdapat juga mahasiswa yang dilibatkan dalam proses pengambilan data tambahan. Data diambil dengan menggunakan wawancara, observasi kelas, stimulated recall, dan juga diskusi fokus grup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek tersebut melakukan strategi motivasi yang terkait dengan mendorong evaluasi diri retrospektif positif mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris. Keduanya melakukan strategi pemberian timbal balik yang konstruktif atas upaya mahasiswa dalam proses belajar. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan yang konstruktif kepada mahasiswanya. Namun, salah satu dosen tidak menampilkan hasil kerja mahasiswanya sebagai bentuk penghargaan yang konstruktif. penggunaan bahasa asli atau bahasa pertama yang ditemukan mampu memberi kontribusi terhadap cara dosen dalam mengimplemenetasikan strategi-strategi motivasi terkait mendorong evaluasi diri retrospektif positif mahasiswanya.Terkait dengan keterbatasan penelitian ini, maka penelitian yang akan datang disarankan untuk meneliti dan menjabarkan tahap-tahap lain dari strategi motivasi di konteks terkait. penelitian yang akan datang juga diharapkan dapat mencapai ranah faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa sekaligus juga strategi motivasi yang dilakukan dosen

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Soraya, Irma
mozafyr@yahoo.com
2030096901
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 06 Apr 2023 22:55
Last Modified: 07 Apr 2023 04:33
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item
View Item