Soraya, Irma and Jannah, Raudlotul (2021) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan-Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah di Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Irma Soraya_Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karalkter.pdf - Submitted Version
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan karakter adalah alat yang sedang digalakkan untuk mengatasi segala permasalahan atas nilai-nilai budaya bangsa yang terkikis. Implementasinya pun memiliki posisi khusus dalam kurikulum 2013. Selain itu, kini terdapat Pendidikan Penguatan Karakter sebagai kelanjutan dan pengembangan dari gerakan pendidikan karakter. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter memang diharapkan dapat diintegrasikan dalam pendidikan yang sedang berlangsung di semua jenjang, tidak terkecuali jenjang sekolah menengah dimana siswa berada pada usia pengembangan karakter yang esensial. Kearifan lokal pun juga menjadi dasar yang diambil dalam nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di konteks kota Surabaya, Jawa Timur. Dalam pembelajaran bahasa inggris yang merupakan bahasa asing, terjadi interaksi antara guru kepada siswa dimana pada interaksi tersebut terjadi fenomena sosiolinguistik yang dituturkan oleh guru kepada siswanya, baik berupa campur kode maupun alih kode. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang terdapat pada interaksi yang terjadi pada pembelajaran tersebut di tingkat sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang ada, terdapat 16 nilai yang muncul diintegrasikan di dalam pembelajaran melalui interaksi berupa campur kode dan alih kode. Nilai-nilai tersebit meliputi meliputi 1) religious, 2) jujur, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) tanggung jawab, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, dan 16) peduli sosial.Walaupun terdapat dua nilai yang tidak muncul pada masa observasi berlangsung, yaitu nilai semangat kebangsaan dan nilai peduli lingkungan, tapi sebagian besar nilain muncul diintegrasikan oleh guru kepada siswanya dalam pemebelajaran bahasa. Hal ini tentunya mendukung program pengembangan pendidikan karakter yang digalakkan oleh pemerintah walaupun secara administratif nilai-nilai tersebut tidak menjadi rencana konkrit yang diajarkan oleh guru kepada siswanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Soraya, Irma mozafyr@yahoo.com 2030096901 Jannah, Raudlotul raudlotuljannah@uinsby.ac.id 2006107801 |
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 19:11 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 23:13 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2941 |