Refleksi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Syi'ir Tanpo Waton pada perilaku sufistik jama'ah Dauroh Bahasa Pondok Pesantren Ahlus-Shofa Wal-Wafa

Soraya, Irma (2022) Refleksi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Syi'ir Tanpo Waton pada perilaku sufistik jama'ah Dauroh Bahasa Pondok Pesantren Ahlus-Shofa Wal-Wafa. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[thumbnail of Irma Soraya_Refleksi Nilai.pdf] Text
Irma Soraya_Refleksi Nilai.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Refleksi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Syi'ir Tanpo Waton pada perilaku sufistik jama'ah Dauroh Bahasa Pondok Pesantren Ahlus-Shofa Wal-Wafa.Pendidikan karakter tidak hanya diajarkan secara eksplisit, tapi lebih banyak juga secara implisit melalui berbagai media, termasuk karya sastra sufistik. Hubungan dan kesinambungan antara dua konteks berbeda yang sama pentingnya dalam hidup inilah yang menjadi titik berat utama penelitian, yaitu antara konteks agama dan konteks nasional.Pendidikan karakter adalah alat yang sedang digalakkan untuk mengatasi segala permasalahan atas nilai-nilai budaya bangsa yang terkikis. Implementasinyapun memiliki posisi khusus dalam kurikulum 2013. Selain itu, kini terdapat Pendidikan Penguatan Karakter sebagai kelanjutan dan pengembangan dari gerakan pendidikan karakter. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter memang diharapkan dapat diintegrasikan dalam pendidikan yang sedang berlangsung di semua jenjang, tidak terkecuali jenjang sekolah menengah dimana siswa berada pada usia pengembangan karakter yang esensial. Kearifan lokal pun juga menjadi dasar yang diambil dalam nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di konteks kota Surabaya,Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Soraya, Irma
mozafyr@yahoo.com
2030096901
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Syi'ir; Tanpo Waton
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 04 Apr 2023 18:00
Last Modified: 04 Apr 2023 19:21
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item
View Item